Ekspedisi Kirim Mobil Pidie

Ekspedisi Kirim Mobil Pidie

Ekspedisi Kirim Mobil Pidie – Pidie adalah salah satu kabupaten di provinsi Aceh, Indonesia. Pusat pemerintahan kabupaten ini berada di Sigli, kabupaten ini merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk terbesar ke 2 di provinsi aceh setelah kabupaten aceh utara.

Ekspedisi Kirim Mobil Pidie -
Ekspedisi Kirim Mobil Pidie –

Dua pertiga masyarakat kabupaten ini ada di perantauan, buat masyarakat wilayah ini merantau adalah sebuah kebiasaan yang turun temurun untuk melatih kemandirian dan keterampilan. Masyarakat wilayah ini mendominasi pasar-pasar di berbagai wilayah di provinsi Aceh dan sebagian ke provinsi sumatera utara dan negara tetangga malaysia. Selain itu, wilayah ini juga terkenal sebagai daerah asal tokoh-tokoh terkenal Aceh.

Sejarah

Ekspedisi Kirim Mobil Pidie – sebelumnya adalah kerajaan Pedir yang berbeda dengan Aceh, sehingga sampai sekarang Pidie tidak disebut sebagai Aceh Pidie, melainkan kabupaten Pidie saja. Ketika terjadi konfrontasi dengan Portugal, maka kerajaan Pedir menggabungkan diri dengan Kerajaan Aceh untuk melawan Penjajah Portugis. Daerah ini merupakan tempat cikal bakal lahirnya Gerakan Aceh Merdeka atau Hasan Tiro yang kini bermukim di Swedia. Namun anehnya, pergolakan justru paling banyak terjadi di kawasan tetangganya dibanding Pidie sendiri.

Ketika Meureudu menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Kerajaan Poli (Pedir) sebagai cikal bakal daerah Pidie. Keberadaan dan sejarah kerajaan-kerajaan tersebut masih perlu ditelusuri lagi. Catatan-catatan sejarah yang ada sekarang, hanya sedikit yang menjelaskan tentang hal itu. Meski demikian, kedatangan Sultan Iskandar Muda ke Negeri Meureudu sebelum menyerang Pahang di Semenanjung Malaya bisa membuka sedikit tabir informasi tersebut.

Informasi tentang kerajaan-kerajaan di Pidie dan Pidie Jaya sekarang lebih banyak didominasi oleh sejarah daerah tersebut setelah berada di bawah kekuasaan Kerajaan Aceh Darussalam. Malah Negeri Meureudu dalam Kerajaan Aceh Darussalam memiliki peranan penting sebagai lumbung pangan. Informasi-informasi tentang keberadaan Negeri Meureudu sebelum Kerajaan Aceh Darussalam masih perlu penelitian lebih lanjut. Untuk membuka tabir informasi ke arah sana, keterangan dari sejarawan H M Zainuddin bisa menjadi informasi awal.

H M Zainuddin dalam makalahnya Aceh Dalam Inskripsi dan Lintasan Sejarah pada seminar sejarah dan budaya Aceh pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) II Agustus 1972 mengungkapkan, sebelum Islam masuk ke Aceh, di Aceh telah berkembang kota-kota kerajan hindu seperti: Kerajaan Poli di Pidie yang berkembang sekitar tahun 413 M. Kerajan Sahe sering juga di sebut Sanghela di kawasan Ulei Gle dan Meureudu, kerajan ini terbentuk dan dibawa oleh pendatang dari pulau Ceylon. Kerajaan Indrapuri di Indrapuri. Kerajaan Indrapatra di Ladong. Kerajaan Indrapurwa di Lampageu, Kuala pancu (Ujong Pancu, -red).

Semua kota-kota Hindu tersebut setelah islam kuat di Aceh dihancurkan. Bekas-bekas kerajaan itu masih bisa diperiksa walau sudah tertimbun, seperti di kawasan Paya Seutui Kecamatan Ulim (perbatasan Ulim dengan Meurah Dua), reruntuhan di Ladong. Bahkan menurut H M Zainuddin, mesjid Indrapuri dibangun diatas reruntuhan candi. Pada tahun 1830, Haji Muhammad, yang lebih dikenal sebagai Tuanku Tambusi juga meruntuhkan candi-candi dan batunya kemudian dimanfaatkan untuk membangun mesjid dan benteng-benteng.

Untuk mengungkap tentang keberadaan Kerajaan Sahe/Sanghela itu, maka perlu diadakan penelitian secara arkeologi ke daerah Paya Seutui yang disebut H M Zainuddin tersebut. Dalam makalahnya H M Zainuddin mengatak pernah ada temuan sisa-sisa kerajaan Sahe/Sanghela itu di kawasan persawahan di Paya Seutui, namun ia tidak jelas menyebutkan di Paya Seutui bagian mana itu ditemukan.

Untuk mengetahui keberadaan para pendiri dan penduduk Kerajaan Sahe/Sanghela tersebut, informasi dari asal-usul kerajaan Poli/Pedir di Kabupaten Pidie sekarang mungkin bisa membantu, karena keberadaan negeri Meureudu dan Negeri Pedir keduanya tak bisa dipisahkan.

Ekspedisi Kirim Mobil Pidie – Selama ini kita mengetahui asal mula daerah Pidie sekarang adalah Kerajaan Poli atau Pedir, tapi ternyata jauh sebelumnya sudah ada Kerajaan Sama Indra sebagai cikal bakalnya. Kuat dugaan, Kerajaan Sama Indra ini berkembang pada waktu yang sama dengan kerajaan Sahe/Sanghela di Meureudu atau bisa jadi satu kesatuan yang hidup saling berdampingan.

Informasi tentang keberadaan Kerajaan Sama Indra ini diungkap oleh sejarawan lainnya, M Junus Djamil dalam sebuah buku yang disusun dengan ketikan mesin tik. Buku dengan judul Silsilah Tawarick Radja-radja Kerajaan Aceh itu diterbitkan oleh Adjdam-I/Iskandar Muda tidak lagi jelas tahun penerbitnya. Tapi pada kata pengantar yang ditulis dengan ejaan lama oleh Perwira Adjudan Djendral Kodam-I/Iskandar Muda, T Muhammad Ali, tertera 21 Agustus 1968.

Buku setebal 57 halaman itu pada halaman 24 berisi tentang sejarah Negeri Pidie/Sjahir Poli. Kerajaan ini digambarkan sebagai daerah dataran rendah yang luas dengan tanah yang subur, sehingga kehidupan penduduknya makmur.

M Junus Djamil menyebutkan batas-batas kerajaan ini meliputi, sebelah timur dengan Kerajaan Samudra/Pasai, sebelah barat dengan Kerajaan Aceh Darussalam, sebelah selatan dengan pegunungan, serta dengan selat Malaka di sebelah utara. Bila merujuk pada batas yang disebutkan tersebut, berarti kerajaan Sahe/Sanghela termasuk dalam wilayah kerjaan Sama Indra di bagian timur.

Ekspedisi Kirim Mobil Pidie – Suku yang mendiami kerajaan ini berasal dari Mon Khmer yang datang dari Asia Tenggara yakni dari Negeri Campa. Suku Mon Khmer itu datang ke Poli beberapa abad sebelum masehi. Rombongan ini dipimpin oleh Sjahir Pauling yang kemudian dikenal sebagai Sjahir Poli. Mereka kemudian berbaur dengan masyarakat sekitar yang telah lebih dahulu mendiami kawasan tersebut.

Setelah berlabuh dan menetap di kawasan itu, Sjahir Poli mendirikan sebuah kerajaan yang dinamai Kerajaan Sama Indra. Waktu itu mereka masih menganut agama Budha Mahayana atau Himayana. Oleh M Junus Djamil diyakini dari agama ini kemudian masuk pengaruh Hindu.

Tentang kedatangan bangsa Mon Khmer itu juga diungkapkan H Muhammad Said dalam makalah sejarahnya, Wajah Rakyat Aceh dalam Lintasan Sejarah, pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) II, Agustus 1972 Ia menjelaskan, pada tahun 1891, seorang peneliti asing bernama G K Nieman sudah menemukan 150 kata dari bahasa Campa dalam bahasa Aceh. Demikian juga dengan bahasa Khmer (Kamboja) tetapi yang sangat dominan adalah bahasa Melayu dan bahasa Arab.

Jasa Kirim Mobil Pidie – Sementara tentang pengaruh Hindu di Aceh pernah diungkapkan oleh sejarawan Belanda JC Van Luer, yang mengatakan bahwa sejarah dan budaya Aceh sebelum kedatangan Islam dan bangsa barat telah terisi dengan landasan Hindu-sentris (Indonesia Trade and Society, hal 261)

Lama kelamaan Kerajaan Sama Indra pecah mejadi beberapa kerajaan kecil. Seperti pecahnya Kerajaan Indra Purwa (Lamuri) menjadi Kerajaan Indrapuri, Indrapatra, Indrapurwa dan Indrajaya yang dikenal sebagai kerajaan Panton Rie atau Kantoli di Lhokseudu. Bisa jadi juga, Kerjaan Sahe/Sanghela berdiri setelah Kerajaan Sama Indra ini pecah menjadi beberapa kerajaan kecil, hingga kemudian membentuk sebuah kerajaan tersendiri.

Kala itu Kerajaan Sama Indra menjadi saingan Kerajaan Indrapurba (Lamuri) di sebelah barat dan kerajaan Plak Plieng (Kerajaan Panca Warna) di sebelah timur. Kerajaan Sama Indra mengalami goncangan dan perubahan yang berat kala itu. Menurut M Junus Djamil, pada pertengahan abad ke-14 masehi penduduk di Kerajaan Sama Indra beralih dari agama lama menjadi pemeluk agama Islam, setelah kerajaan itu diserang oleh Kerajaan Aceh Darussalam yang dipimpin Sultan Mansyur Syah (1354 – 1408 M). Selanjutnya, pengaruh Islam yang dibawa oleh orang-orang dari Kerajaan Aceh Darussalam terus mengikis ajaran hindu dan budha di daerah tersebut.

Setelah kerajaan Sama Indra takluk pada Kerajaan Aceh Darussalam, makan sultan Aceh selanjutnya, Sultan Mahmud II Alaiddin Johan Sjah mengangkat Raja Husein Sjah menjadi sultan muda di negeri Sama Indra yang otonom di bawah Kerajaan Aceh Darussalam. Kerajaan Sama Indra kemudian berganti nama menjadi Kerajaan Pedir, yang lama kelamaan berubah menjadi Pidie seperti yang dikenal sekarang.

Ekspedisi Kirim Mobil Pidie – Meski sebagai kerajaan otonom di bawah Kerajaan Aceh Darussalam, peranan raja negeri Pidie tetap dipererhitungkan. Malah, setiap keputusan Majelis Mahkamah Rakyat Kerajaan Aceh Darussalam, sultan tidak memberi cap geulanteu (stempel halilintar) sebelum mendapat persetujuan dari Laksamana Raja Maharaja Pidie. Maha Raja Pidie beserta uleebalang syik dalam Kerajaan Aceh Darussalam berhak mengatur daerah kekuasaannya menurut putusan balai rakyat negeri masing-masing.

Masih menurut M Junus Djamil, setelah Sultan Mahmud II Alaiddin Jauhan Syah raja Kerajaan Aceh Darussalam Mangkat, maka Sultan Husain Syah selaku Maharaja Pidie diangkat sebagai penggantinya. Ia memerintah Kerajaan Aceh dari tahun 1465 sampai 1480 Masehi. Kemudian untuk Maharaja Pidie yang baru diangkat anaknya yang bernama Malik Sulaiman Noer. Sementara putranya yang satu lagi, Malik Munawar Syah diangkat menjadi raja muda dan laksamana di daerah timur, yang mencakup wilayah Samudra/Pase, Peureulak, Teuminga dan Aru dengan pusat pemerintahan di Pangkalan Nala (Pulau Kampey).

Batas Wilayah

Batas wilayah kabupaten Pidie adalah sebagai berikut;

UtaraSelat Malaka
TimurKabupaten Pidie Jaya,Kabupaten Bireuen,Kabupaten Aceh Tengah
SelatanKabupaten Aceh Barat
BaratKabupaten Aceh Besar,Kabupaten Aceh Jaya

Daftar kecamatan dan gampong di Kabupaten Pidie

Ekspedisi Kirim Mobil Pidie – Berikut ini adalah daftar kecamatan dan gampong di kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, Indonesia. Kabupaten Pidie memiliki 23 kecamatan dan 730 gampong dengan kode pos 24115-24186 (dari total 243 kecamatan dan 5827 gampong di seluruh Aceh). Per tahun 2010 jumlah penduduk di wilayah ini adalah 378.278 (dari penduduk seluruh provinsi Aceh yang berjumlah 4.486.570) yang terdiri atas 183.675 pria dan 194.603 wanita (rasio 94,38). Dengan luas daerah 316.924 ha (dibanding luas seluruh provinsi Aceh 5.677.081 ha), tingkat kepadatan penduduk di wilayah ini adalah 133 jiwa/km² (dibanding kepadatan provinsi 78 jiwa/km²). Pada tahun 2017, jumlah penduduknya sebesar 437.740 jiwa dengan luas wilayahnya 3.086,95 km² dan sebaran penduduk 142 jiwa/km².

Daftar kecamatan dan gampong di Kabupaten Pidie, adalah sebagai berikut:

KecamatanJumlah GampongDaftar Gampong
Batee, Pidie28CiutkanlbsKecamatan BateeKabupaten PidieAcehGampongAlue LadaAronAweBintang HuCalong CutCruengDayahDayah BarohDayah TuhaGeunteng BaratGeunteng TimurGlumpang LheeKareungKulamKuleeMeeMesjidNeuheunPasi BeurandehPulo BungongPulo PandePulo TukokRungkomSeulatanTeupin JeuTeupin RayaTuha
Delima, Pidie44CiutkanlbsKecamatan DelimaKabupaten PidieAcehGampongBulohBungoCeurih AlueCeurih Blang MeeCeurih CotCeurih KeupulaDabohDayah BarohDayah BeuahDayah ReubeeGeudongGleeJambeeKeutapang AreeKeutapang BambongKruengKrueng CotKrumbokKumbangLhee MeunasahLueng DamaMesjid AreeMesjid BambongMesjid BeuahMesjid ReubeeMetareumMeunasah CutNeulopPangoePante AreePulo BarohPulo TunongPuukRayaReubaReusepRuntohSagoeSeukeumSeupeungSukon LhongTanjongTunongUlee Tutue Raya
Geumpang, Pidie5CiutkanlbsKecamatan GeumpangKabupaten PidieAcehGampongBangkehKeuneLeupuPucokPulo Loih
Geulumpang Tiga, Pidie34CiutkanlbsKecamatan Geulumpang TigaKabupaten PidieAcehGampongAmut MesjidBaleeBiliBlang DrangBlang PuebBlang TunongCot BarohCot TunongDayah PisangDayah TanohJeumpaJurong PandeKayee JatoeKeupulaKeutapang MesjidKrueng JangkoKrueng NyongKruet TeumpeunKumbang KeupulaLambaroMamplamMeunjeeNeurokPanjouPulo BateePulo Dayah/Pulo LonPulo Gajah MatePulo Lueng TeugaReudeup MeulayuSimpangSukon BarohSukon MesjidTufah JeulatangUlee Gampong
Glumpang Baro, Pidie21CiutkanlbsKecamatan Glumpang BaroKabupaten PidieAcehGampongBale GantungBlang BarohBungongDaboihGeuntengGlumpang BungkokJurong BaroKumbang Trung CampliKumbang UnoeManyangMeuteumpeunPalongPulo IboihPulo PanjoeSagoeSanggetSeukeSeureukui CebrekSukon PakuUkeeUkee Bungkok
Grong Grong, Pidie15CiutkanlbsKecamatan Grong GrongKabupaten PidieAcehGampongBarohBeureuleungDakaGintongGrong-GrongKariengMeunasah MeeMesjid BeureuleungMesjid MemeuaneukNicahPangge PilokPayaSentosaSukonTeungoh
Indra Jaya, Pidie49CiutkanlbsKecamatan Indra JayaKabupaten PidieAcehGampongBalee Baroh BluekBalee Baroh GapuiBaro BluekBaro GapuiBaro JruekBeureudeupBlang GarotBlang Lhok KajuBlang Rapai GapuiCot SeukeeDayah BieDayah CaleueDayah KeurakoDayah Muara GarotDrienGampong JurongGarot CutGlee GapuiGuciKeubangKeutapangLamkabuLamreuneungMesjid BaroMesjid DijiemMesjid Lam UjongMesjid SuwiekMesjid TungkopMesjid Ulee GampongMeulayuNeulop IIPante GarotPante Lhok KajuPeutouPulo Gampong URawa TungkopRaya Lhok KajuRumiaSukon TungkopSukon Ulee GampongTampieng BarohTampieng TunongTeungoh BlangTeungoh SuwiekTuha SuwiekTungkop CutUlee BirahWakeuehYub Mee
Kembang Tanjong, Pidie45CiutkanlbsKecamatan Kembang TanjongKabupaten PidieAcehGampongAraAron Asan KumbangAron Kuta BaroArusanBabah JurongBentayanBlang CutCebrekDeyah BlangDeyah Mon AraGeulumpangJarengJeumeurangJurong BaleeJurong MesjidKampong AraihKampong AsanKampong BaratKampong PanjoeKandangKayee PanyangKeude ie LeubeueKrueng DhoeKeupulaKeureumbokLamkaweLancangManyangMatang KuliMeunasah BaroMeunasah GantungMeunasah KruengMeunasah MeeMeunasah MesjidMeunasah TeungohMeuraksaPasi ie LeubeuePasi LhokPusongPuukRheung RheungSukonTanjongTanjong KruengTeumpeun
Keumala, Pidie18CiutkanlbsKecamatan KeumalaKabupaten PidieAcehGampongAsan NicahCot KrehCot NuranDayah KeumalaJujiemKumbangMesjid NicahPapeunPulo BaroPulo CahiPulo PanteePulo SeupengPulo TeungohPakoRhengSagoeTunongU Gadeng
Kota Sigli, Pidie15CiutkanlbsKecamatan Kota SigliKabupaten PidieAcehGampongBentengBlang AsanBlang PasehBlok BengkelBlok SawahKampong AsanKeramat DalamKeramat LuarKuala PidieLampoh KruengMeunasah PeukanPante TeungohPasi Peukan BaroPasi RawaTanjong Krueng
Mane, Pidie4CiutkanlbsKecamatan ManeKabupaten PidieAcehGampongBlang DalamLutuengManeTurue Cut
Mila, Pidie20CiutkanlbsKecamatan MilaKabupaten PidieAcehGampongAra BungkokBabah JurongBlangBlang CutBaroh IlotDayah AndeueDayah SinthopKrueng LalaKumbangLagangLhok LubueKuluMesjid AndeueMesjid IlotMeuyub LalaPulo TanjongTeumeucetTeungoh IlotTuha LadaTunong Ilot
Muara Tiga, Pidie18CiutkanlbsKecamatan Muara TigaKabupaten PidieAcehGampongBlang RayaBateeCotDayahGle CutIngin JayaKeupulaKruengMesjidIE MasenPapeunPawodSagoeSimpang BeutongSuka JayaTgk Di LaweungTuha BiheueUjong Pie
Mutiara, Pidie29CiutkanlbsKecamatan MutiaraKabupaten PidieAcehGampongBalee BusuBalee KeumanganBaro YamanBaroh Barat YamanBlang BeureuehBlang LilueBlang TidiekDayah BeureuehDayah SyariefDayah TidiekJadanKeumangan CutKumbangLampoh SirongLingkok BusuLueng SagoeMee PanyangMee Teungoh YamanMesjid KeumanganMesjid YamanPaloh KambuekPante BeureuehPaya TibaPeureulakRapanaReuluiRibeunSentosaTuha Gampong Gajah
Mutiara Timur, Pidie48CiutkanlbsKecamatan Mutiara TimurKabupaten PidieAcehGampongAlue AdanAlue JojoBale Ujong RimbaBariehBarohBaro Ujong RimbaBeureueh IIBlang RiekBlangon BasahCampli UsiCot KhutangDayah AdanDayah KumbaDayah TanohDayah UsiDidohEmpehJiemJumphoh AdanKampong Cot UsiKampong LadaKariengKulam AraMee AdanMee TanjongMesjid GumpuengMesjid Jeurat ManyangMesjid UsiMeucat AdanMeugitMon AraNibongPaloh Lhok UsiPaloh RayaPaloh TinggiPulo DrienRambongRambot AdanReubatRintiSagoe TumpeunSimbeTiba MesjidTiba RayaTong PeriaTong WengUlee GampongUlee Tutue
Padang Tiji, Pidie64CiutkanlbsKecamatan Padang TijiKabupaten PidieAcehGampongAdang BeuraboAron Bunot GogoBaro BeuraboBlang GeuleudiengBlang Guci KunyetBalee PalohBaro KunyetBuloh GogoBuloh PeudayaBuni Reulieng PeudayaCapa PalohCot Keutapang TanjongCut PeudayaCut PalohDayah Baroh KunyetDayah Baroh PeudayaDayah Tanoh KunyetGeulumpang GeuleudiengGle GogoGrong-Grong GogoHagu KunyetJok TanjongJurong Anoe PalohJurong Gampong Cut PalohKambuk Nicah KunyetKambuk Payapi KunyetKhang TanjongKreb PalohKumbang GogoKupula TanjongLeuhob PalohLeun TanjongMesjid BeuraboMesjid GeuleudiengMesjid GogoMesjid KunyetMesjid PalohMesjid PeudayaMesjid TanjongMeuriya TanjongMukee BeuraboMukee GogoPaloh Jeurat BeuraboPante Cermen PalohPante Crung TanjongPasar PalohPerlak PeudayaPiala KunyetPulo Hagu TanjongRaya GogoSeukembrok BeuraboSeuleunggieng BeuraboSeunadeu KunyetSiron PalohSiron TanjongSukon PeudayaSuyo PalohTeungoh Drien GogoTeungoh PeudayaTonoeng Tanjong
Peukan Baro, Pidie48CiutkanlbsKecamatan Peukan BaroKabupaten PidieAcehGampongBale PineungBale RastongBlang Krueng SeumideuenBlang RayaBlang SeupengBluek ArabCempala KunengCot MuluDayah BubueDayah MuaraDayah SeumideuenDayah SukonDayah TeungkuDua PayaJimJurong Krueng SeumideuenJurong RayaKabat SeupengKeutapangKeurumbokKumbang WaidoLeuhob SeupengLueng Guci RumpongLueng MesjidMe TanohMe HaguMe Krueng SeumideuenMe KeureukonMe Lampoh SakaMeuleuweukMeunje MesjidMesjid Guci RumpongKrueng SeumideuenPeunayong SeupengPuukRaya Krueng SeumideuenRambayan KupulaRambayan LuengReuba WaidoSawietSialet AletSukon Krueng SeumideuenSumboe BugaTanjong HaguTeungoh BarohUlee Cot SeupengUlee TutueWaido
Pidie, Pidie64CiutkanlbsKecamatan PidieKabupaten PidieAcehGampongAboAlueBarohBateeBayuBieBlang KulaCot GeundukCot GlumpangCot RhengCot TeungohDaluengDayah TanohDayah TeubengDayah TeungohDayah TutongGajah AyeGampong BaroJawaJeuleupeeJeumpaKampong BaratKampong PukatKeude KeulibeutKeunireeKeutapangKeutumbuKrueng DhoeLabuiLeubueLhok KeutapangLam KutaLampeudue BarohLampeudue TunongLampoh LadaMancangMesjid ReuntohMesjid UtueMeucatMeunasah GampongPalohPayaPaya LinteungPeukan BaroPuliPulo BubeePulo PisangPu”ukRawaRaya SanggeueRaya UteuSeriweukSeukeSeukembrokSirongTanjongTibangTijueTumpok 40Tumpok Laweung
Sakti, Pidie49CiutkanlbsKecamatan SaktiKabupaten PidieAcehGampongBalue KuluBalue TanohBariehBeutong PerlakBeutong PocutBlang CutBlang Kumot BarohBlang Kumot TunongBucueCot CantekCot SukonCumbok LieCumbok NiwaGampong JumpaJurong PanteKampong BaroKampong CotKampong Pisang BucueKandangLam UjongLameue Meunasah BaroLameue Meunasah LuengLameue Meunasah RayaLeupeuem MesjidLhok MeeLhok PanahLingkokMali CotMali GuyuiMali LamkutaMali MesjidMali UkeMancangMeunasah BaleeMeunasah Blang SaktiMeunasah Dayah TuhaMeunasah EmpehMeunasah Raya Kampong PisangMurong CotMurong LhokPaloh JeureulaPantee KruengPasar Kota BaktiPerlak AsanPerlak BarohPulo JeumpaPulo KreumbokRiweuekTangkueng
Simpang Tiga, Pidie52CiutkanlbsKecamatan Simpang TigaKabupaten PidieAcehGampongBlang LeuenBunienCebrekCot AraCot JajaCot PaleueCurucok BaratCurucok SagoeCurucok TimurDayah BlangDayah Blang CutDayah Lampong AweJaja BarohJaja TunongKampung BlangKulam BaroKupulaLambidengLheueLiliep BungieLinggong SagoeMadikaMamplamMantak RayaMesjid BungieMesjid GigiengMesjid TungueMeunasah BlangMeunasah EmpehMeunasah GongMeunasah JurongMeunasah LheeMeunasah Raya PayaNienPadangPaloh Tok DhuePantePeukan SotPeukan TuhaPulo BlangPulo Gajah MatePulo RayaPulo TuRaya PaleueSagoeSeuk CukokSeukeeSukonTeungoh MangkiUjong BarohUjong GampongUlee Barat
Tangse, Pidie28CiutkanlbsKecamatan TangseKabupaten PidieAcehGampongAlue CalongBlang BungongBlang DalamBlang DhotBlang JeuratBlang MaloBlang PandakBeunggaKeubon NilamKeudee TangseKrueng MeuriamKrueng SeukeuekLayanLhok KeutapangNubok BadeukPaya GuciPeunalon IPeunalon IIPulo BaroPulo KawaPulo Mesjid IPulo Mesjid IIPulo SejahteraPulo SeunongPulo IeRantau PanyangTuha Blang BeungohUlee Gunong
Tiro, Pidie19CiutkanlbsKecamatan TiroKabupaten PidieAcehGampongBlang RukuiDaya BarohDaya TeungohDayah CotDayah KP BaroLhok IgeuhMampreeMeunasah DayahMeunasah MancangPanton BunotPeunadokPulo GeulumpangPulo KenariPulo MesjidPulo SiblahPulo TamboRaboTrieng Cudo BarohTrieng Cudo Tunong
Titeue, Pidie13CiutkanlbsKecamatan TiteueKabupaten PidieAcehGampongAlueAsan TongpudengBlang ThoeCutDayah MeunaraLingkokMesjid TongpudengPaloh NaleungPante KuluPante SirenPulo LhoihPulo RayaUke
TOTAL730

Ekonomi

Ekspedisi Kirim Mobil Pidie – Tanaman Pangan (Padi, Kedelai, Kacang Tanah, dan Jagung), Palawija (Cabe, Tomat, Bawang Merah, dan Tomat), Hortikultura (Melinjo, Durian, Rambutan, Jeruk dan Mangga). Perkebunan (Kopi, Kelapa, Pinang, Kakao, Kemiri, Randu dan Nilam). Peternakan (Sapi, Kerbau, Kambing, Ayam dan Itik). Pariwisata (Air Terjun, Kolam Air Panas, Situs Bersejarah dan Pantai), Kehutanan (Kayu, Rotan, Flora dan Fauna). Bahan Tambang/Galian ( Emas, Timah, Tembaga, Mangan, Pasir Besi, Batu, Gamping, Batu Gip Promium, Molidenium, Fosfat, Tanah Liat, Supertenit, Borit, Batu Sabak,) dll

Pertanian
Luas Sawah 29.391 Ha terdiri dari sawah berpengairan: Teknis 3.700 Ha ; Semi Teknis 15.522 Ha ; Sederhana 6.365 Ha ; Non PU 1.932 ; Tadah Hujan 1.958 Ha Sawah yang ditanami Dua Kali Setahun seluas 17.553 Ha dan yang Satu kali Setahun 13.584 Ha Jenis atau Varietas yang dianjurkan: Ciherang, Mikongga, Cigeulis, Impari 13 (Padi) ; Anjasmoro, Kipas Merah, Kipas Putih, Mutiara (Kedelai) ; Bisi 2, Bisi 9, Pioneer 21 (Jagung)

Ekspedisi Kirim Mobil Pidie Ke

Ekspedisi Kirim Mobil Pidie Ke – Aceh, Langsa, Lhokseumawe, Sabang, Subulussalam, Bali, Denpasar, Bangka Belitung, Pangkalpinang, Banten, Cilegon, Serang, Tangerang Selatan, Tangerang, Bengkulu, Gorontalo, Jakarta, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Sungai Penuh, Jambi, Jawa Barat, Bandung, Bekasi, Bogor, Cimahi, Cirebon, Depok, Sukabumi, Tasikmalaya, Banjar, Jawa Tengah, Magelang, Pekalongan, Salatiga, Semarang, Surakarta, Tegal, Jawa Timur, Batu, Blitar, Kediri, Madiun, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Probolinggo, Surabaya, Kalimantan Barat, Pontianak, Singkawang, Kalimantan Selatan, Banjarbaru, Banjarmasin, Kalimantan Tengah, Palangkaraya, Kalimantan Timur, Balikpapan, Bontang, Samarinda, Kalimantan Utara, Tarakan, Kepulauan Riau, Batam, Tanjungpinang, Lampung, Bandar Lampung, Metro, Maluku Utara, Ternate, Tidore Kepulauan, Maluku, Ambon, Tual, Nusa Tenggara Barat, Bima, Mataram, Nusa Tenggara Timur, Kupang, Papua Barat, Sorong, Papua, Jayapura, Riau, Dumai, Pekanbaru, Sulawesi Selatan, Makassar, Palopo, Parepare, Sulawesi Tengah, Palu, Sulawesi Tenggara, Bau-Bau, Kendari, Sulawesi Utara, Bitung, Kotamobagu, Manado, Tomohon, Sumatra Barat, Bukittinggi, Padang, Padangpanjang, Pariaman, Payakumbuh, Sawahlunto, Solok, Sumatra Selatan, Lubuklinggau, Pagaralam, Palembang, Prabumulih, Sumatra Utara, Binjai, Medan, Padang Sidempuan, Pematangsiantar, Sibolga, Tanjungbalai, Tebingtinggi, Yogyakarta,

ekspedisi kirim mobil pidie jaya
ekspedisi kirim mobil simeulue
ekspedisi kirim mobil banda aceh
ekspedisi kirim mobil langsa

Ekspedisi Kirim Mobil Kata Ekspedisi tentu telah tidak asing lagi dalam kehidupan kita tiap hari. Terlebih pada era di mana nyaris seluruh orang memerlukan jasa pengiriman mobil . Kemudian, apa yang Kamu tahu tentang ekspedisi itu sendiri? Di mari hendak dibahas sebagian perihal tentang pengiriman mobil serta pula begaimana metode kerjanya.

Apa yang Diartikan Dengan Ekspedisi?

Ekspedisi Kirim Mobil Pidie -
Ekspedisi Kirim Mobil Pidie –

Apabila Kamu kerap melaksanakan transaksi ataupun jual beli online, ataupun bergelut pada bidang bisnis apa juga, telah ditentukan Kamu sudah mengenali apa yang diartikan ekspedisi. Sebutan tersebut pula sangat sering di dengar untuk sebagian orang yang melaksanakan bisnisnya di dunia pengiriman ataupun jasa antar mobil. Pengiriman tersebut dapat lewat sebagian jalan, baik itu lewat darat, air, serta pula udara.

KBBI( Kamus Besar Bahasa Indonesia) berkata kalau makna dari ekspedisi merupakan pengirimanmobil maupun industri yang bekerja pada bidiang pengangkutan mobil. Di samping itu, sebutan tersebut pula mempunyai makna“ ekspedisi” ataupun“ pengembaraan” di mana dalam perihal ini merujuk pada konteks kegiatan pemindahan mobil yang dicoba oleh seorang lewat pihak penyedia layanan tersebut mengarah ke alamat tujuan.

PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO adalah Perusahaan Jasa Kirim Mobil Terpercaya. Berbasis Teknologi kami akan meramaikan dunia pengiriman khususnya mobil baru dan bekas. Percayakan pengiriman mobil pada kami. Kami akan melayani anda dengan sepenuh hati,,Terima Kasih atas Kepercayaan selama ini kepada para customer.

Ekspedisi Kirim Mobil

Di Indonesia sendiri, sebutan ini telah begitu membumi sebab pada masa saat ini banyak sekali orang yang melaksanakan transaksi secara tidak langsung( online)– yang hendak mengaitkan jasa antar mobil yang dibeli maupun dijual diberikan pada konsumen lewat jasa ekspedisi yang sediakan bermacam sarana dan opsi pengiriman mobil.

Tidak cuma itu, saat sebelum Mobil yang hendak dikirim hingga pada tujuannya, pengguna layanan tersebut hendak dikenai bayaran pengiriman mobil. Harga tersebut dapat bersumber pada tipe mobil yang dikirim, dimensi, ataupun berat yang sudah ditimbang cocok dengan prosedur yang sudah disepakati.

Sistem Kerja Ekspedisi dalam Pengiriman Mobil

Sistem Kerja Ekspedisi dalam Pengiriman Mobil
Sistem Kerja Ekspedisi dalam Pengiriman Mobil

Masing- masing jasa ekspedisi mempunyai perbandingan menimpa Standar Operasional prosedur ataupun SOP- nya sendiri- sendiri. Terdapat layanan jasa pengiriman yang sediakan prosedur yang simpel sehingga memudahkan penggunanya dalam pengiriman mobil.

Terdapat pula yang sediakan prosedur yang sangat ketat sehingga seluruh ketentuan serta syarat yang berlaku wajib betul- betul dipadati.

Biasanya, peraturan ataupun standar operasional yang ketat hendak membagikan jaminan kemanana pengiriman mobil yang lebih memuaskan. Sebab itu, selaku pengguna jasa pengiriman mobil, Kamu wajib memerhatikan sebagian perihal biar bisa memilah jasa ekspedisi secara pas.

Pada dasarnya, masing- masing penyedia jasa layanan antar mobil tersebut mempunyai sistem kerjanya tertentu. Berikut ini sebagian perihal yang mesti dicermati terpaut sistem kerja pengiriman mobil:

  1. Mobil

Perihal awal yang terdapat dalam sistem kerja eskpedisi pengiriman mobil merupakan mobil itu sendiri. tanpa terdapatnya mobil, aktivitas pemindahan mobil tidak hendak terlaksana.

Tidak hanya itu, butuh dicermati pula kalau mobil yang hendak Kamu kirim haruslah mobil yang diperbolehkan dalam pengirimannya secara sah. mobil ilegal serta mobil larangan tidak hendak diterima pihak penyedia layanan.

  1. Pengemasan mobil ( Packing)

Packing ataupun pengemasan mobil pula masuk ke dalam sistem kerja ekspedisi. Perihal ini dicoba buat tujuan menjamin keselamatan mobiltanpa terdapat kehancuran.

Terdapat sebagian mobil yang hendak jadi atensi spesial dalam perihal pengemasannya, semacam mobil rusak belah, mobil dalam wujud cairan maupun santapan yang bisa membusuk. Terdapat sebagian industri yang hendak menolak pengiriman mobil bila penggunanya tidak mengemasnya dengan baik.

  1. Pengurusan Dokumen serta Administrasinya

Pengurusan administrasi dokumen pula ialah bagian dari sistem kerja jasa pengiriman mobil. Administrasi dokumen di mari artinya merupakan kepengurusan Mengenai surat- surat administrasi bea cukai maupun pihak- pihak yang terpaut dengan ini seluruh. Jasa ekspedisi hendak berfungsi selaku pengurus kebutuhan administrasi yang dibutuhkan.

Jasa Ekspedisi Mobil Dari Ke

Ekspedisi Kirim Mobil Pidie –

Ekspedisi Kirim Mobil Pidie Ke – Aceh, Langsa, Lhokseumawe, Sabang, Subulussalam, Bali, Denpasar, Bangka Belitung, Pangkalpinang, Banten, Cilegon, Serang, Tangerang Selatan, Tangerang, Bengkulu, Gorontalo, Jakarta, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Sungai Penuh, Jambi, Jawa Barat, Bandung, Bekasi, Bogor, Cimahi, Cirebon, Depok, Sukabumi, Tasikmalaya, Banjar, Jawa Tengah, Magelang, Pekalongan, Salatiga, Semarang, Surakarta, Tegal, Jawa Timur, Batu, Blitar, Kediri, Madiun, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Probolinggo, Surabaya, Kalimantan Barat, Pontianak, Singkawang, Kalimantan Selatan, Banjarbaru, Banjarmasin, Kalimantan Tengah, Palangkaraya, Kalimantan Timur, Balikpapan, Bontang, Samarinda, Kalimantan Utara, Tarakan, Kepulauan Riau, Batam, Tanjungpinang, Lampung, Bandar Lampung, Metro, Maluku Utara, Ternate, Tidore Kepulauan, Maluku, Ambon, Tual, Nusa Tenggara Barat, Bima, Mataram, Nusa Tenggara Timur, Kupang, Papua Barat, Sorong, Papua, Jayapura, Riau, Dumai, Pekanbaru, Sulawesi Selatan, Makassar, Palopo, Parepare, Sulawesi Tengah, Palu, Sulawesi Tenggara, Bau-Bau, Kendari, Sulawesi Utara, Bitung, Kotamobagu, Manado, Tomohon, Sumatra Barat, Bukittinggi, Padang, Padangpanjang, Pariaman, Payakumbuh, Sawahlunto, Solok, Sumatra Selatan, Lubuklinggau, Pagaralam, Palembang, Prabumulih, Sumatra Utara, Binjai, Medan, Padang Sidempuan, Pematangsiantar, Sibolga, Tanjungbalai, Tebingtinggi, Yogyakarta,

Perbedaan Pengiriman Ekspedisi dan Pengiriman Cargo

Perbedaan Pengiriman Ekspedisi dan Pengiriman Cargo

Jasa pengiriman mobil ada dua istilah yaitu jasa ekspedisi dan pengiriman cargo. Sebenarnya tidak ada perbedaan antara keduanya, namun pandangan masyarakat terhadap jasa pengiriman ekspedisi dan pengiriman cargo seperti sudah ter-setting bahwa pengiriman ekspedisi adalah pengiriman mobil dalam skala kecil, sedangkan jasa pengiriman cargo adalah pengiriman mobil dalam jumlah dan skala yang besar. Fungsi keduanya dapat dikatakan sama yaitu mendistribusikan mobil atau paket ke alamat tujuan.

Fasilitas atau layanan Jasa Kirim Kami Menggunakan

  • Selft Driver – adalah Jasa pengiriman menggunakan supir. Mobil anda di kendari supir dari lokasi penjemputan sampai lokasi tujuan dinamakan juga Dor to Dor
  • Towing – Kendaraan atau mobil anda di naikan ke atas truk towing kami seperti gendong mobil. Layanan ini cukup mahal tapi sangat aman dan cepat. layanan towing kami juga sudah dor to dor, diambil dari lokasi awal sampai lokasi tujuan
  • Car Carrier – Layanan ini aman dan murah tapi memerlukan waktu agak lama karena harus menunggu 6 mobil baru truk Car Carrier kita jalan
  • Kapal – Layanan ini biasanya di gunakan untuk mengirim mobil antar pulau atau antar provinsi di darat nya bisa di driver, towing atau car carrier anda tinggal pilih menggunakan yang mana. tergantung kondisi, waktu dan mobil anda sendiri.

Catatan :

  • Harga belum termasuk pajak
  • Semua layanan door to door dalam kota
  • Pengiriman Mobil Mewah (BMW, Mercedes benz, Lainnya), Mobil Truk CDD, Fuso, Tronton, & Alat Berat silahkan menghubungi CS kami.
  • Estimasi dihitung dari truk, kapal, mobil berangkat

Istilah dalam Dunia Ekspedisi

Ekspedisi Kirim Mobil – Dalam kegiatan logistik terdapat beberapa istilah yang biasa digunakan para pelaku bisnis ekspedisi. Berikut telah kami rangkumkan beberapa istilah dalam kegiatan logistik diantaranya adalah;

  • Shipper : atau biasa lebih dikenal dengan pengirim barang. Pada dokumen-dokumen yang dilampirkan seperti : BL (Bill of Lading), Packing List, Commercial Invoice, dll. Nama dan alamat lengkap Shipper harus tertulis dengan jelas.
  • Consignee : atau lebih dikenal dengan penerima barang. Sama seperti shipper, nama dan alamat lengkap consignee harus tertulis jelas, pada dokumen-dokumen seperti ; BL (Bill of Lading, Packing List, Commercial Invoice, dll
  • Vessel : Kapal
  • Voy (Voyage) : Nomor keberangkatan kapal.
  • Descriptions of goods : Deskripsi barang terdapat pada packing list (lengkap) dan Bill of Lading.
  • G.W (Gross Weight) : Berat kotor dari barang dan kemasan barang itu sendiri. Contoh berat barang 2 Kgs dan berat kemasannya 0,5 Kgs maka G.W : 2,5 Kgs.
  • N.W (Net Weight) : Berat bersih barang sebelum di kemas
  • LCL (Less than Container Load) : pengiriman barang yang kapasitasnya dibawah standar kapasitas muat kontainer.
  • FCL (Full Container Loaded) : Pengiriman barang dengan menggunakan kontainer.
  • CY : Container Yard yaitu mode pengiriman dari tempat penumpukan petikemas.
  • DOOR : Alamat gudang atau lokasi asal serta lokasi pengambilan barang yang akan dikirim.
  • ETD (Estimation Time of Departure) : adalah perkiraan waktu keberangkatan kapal.
  • ETA (Estimation Time of Arrival) : adalah perkiraan waktu kedatangan kapal.
  • B/L (Bill of Lading) : adalah Konosemen atau bukti pengiriman barang dan pengambilan barang.
  • P.O.L (Port Of Loading) : adalah pelabuhan muat.
  • P.O.D (Port Of Discharge) : adalah pelabuhan bongkar.
  • UTPK : adalah Unit Tempat Penumpukan Peti Kemas.
  • DEPO : Tempat penumpukan container kosong.
  • O/S (Open Stack) : adalah waktu dibukanya kontainer/ barang boleh ditempatkan di warehouse atau UTPK.
  • C/T (Closing Time) adalah waktu ditutupnya pemasukan/ penumpukan barang di warehouse atau UTPK.
  • DO (Delivery Order) : adalah surat yang diterbitkan pihak shipping atau forwarder kepada shipper sebagai bukti pengambilan kontainer kosong.
  • Stuffing : adalah proses pemuatan barang ke dalam kontainer.
  • Stripping: adalah proses bongkar muat barang dari kontainer.
  • Part of Shipment : adalah pengiriman barang yang menggunakan 1 kontainer, dimana dalam kontainer tersebut terdiri dari beberapa nama shipper namun dengan tujuan satu consignee.
  • Dry Container : adalah standar kontainer yang digunakan untuk mengangkut barang-barang biasa. Seperti : besi, sembako, keramik, cat, furniture, dan bahan bangunan.
  • Reefer Container : adalah jenis kontainer yang memiliki pengatur suhu dingin. Biasanya digunakan untuk pengiriman produk yang makanan frozen dan makanan hidup seperti ; ikan, buah-buahan, sayur-sayuran. dll
  • Nah itulah beberapa penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai pengertian dari ekspedisi dan istilah-istilah yang biasa digunakan dalam prosesnya.

Adanya jasa ekspedisi pengiriman barang memegang peran penting bagi masyarakat Indonesia. Kebutuhan akan jasa pengiriman barang saat ini sangat besar, mulai dari perusahaan atau pabrik juga industri kecil, bisnis online, dan bisnis UMKM semua memiliki kebutuhan jasa pengiriman barang.

Jika anda membutuhkan jasa ekspedisi pengiriman anda bisa menggunakan Prahu-Hub. Prahu-Hub terhubung dengan penyedia jasa pengiriman terpercaya dan berpengalaman di seluruh Indonesia. Dapatkan informasi berbagai rute pengiriman antar pulau berikut jadwal dan harga yang transparan untuk selalu membantu kelancaran bisnis Anda. Sumber Mrizky

Apa Sih Kata atau Kalimat yang sering di cari di google

Untuk menaikan rangking Google dalam bisnis Jasa Pengiriman Mobil diharuskan analisa dulu kata yang sering di cari di google. Berikut analisa dari google planner untuk keyword ” Jasa Kirim Mobil “

Kata yang sering di cari di google

Jasa , Pengiriman , Kirim , Mobil , Cargo , Ekspedisi , Harga , Murah , Online , Via Pos , Aman , Pulau , Syarat , Antar , Ekspedisi Kirim Mobil , Pengalaman , Biaya , Cara , Dari , Ke , Bekas , Baru , Pelni , Kantor , Pesawat , Kapal Laut , JNE , Luar Negri , Kota , Ongkos , Towing , Self Driver , Car Carrier , Kontainer , Kapal Roro , Kapal , Kereta Api , Via Laut , Terbaik , TIKI , Truk , Terpercaya , Angkut , Cek Harga , Paket , Cara , Mengirim , Tarif , Kendaraan , Motor , Ongkir , Jasa Derek Mobil , Jasa Towing , Jasa Supir

Link Terkait Jasa Kirim Mobil

Baca Juga

Terima kasih banyak sudah menyempatkan baca artikel ini. Jika ada pertanyaan lain silakan langsung saja di chat lewat WhatsApp, Telegram dan yang lainnya. Semoga kita selalu di berikan kesehatan di zaman pendemi Covid 19 . Aamiin.. Salam dari kami PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO

Jasa Kirim Mobil Logo
Ekspedisi Kirim Mobil Pidie –

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Style switcher Reset
Body styles
Custom Color
Main color
Accent color
Background image
Patterns
×
× CEK HARGA