Ekspedisi Kirim Mobil Manokwari

Ekspedisi Kirim Mobil Manokwari

Ekspedisi Kirim Mobil Manokwari – Kota Manokwari adalah ibu kota Provinsi Papua Barat, Indonesia, yang juga merupakan ibu kota dari Kabupaten Manokwari. Secara geografis, kota Mankowari meliputi wilayah yang ada di kecamatan Manokwari Barat dan kecamatan Manokwari Timur. Kota ini memiliki luas wilayah 125,46 km² dan berpenduduk sebanyak kurang lebih 106.672 jiwa (2019).[1]

Manokwari terletak di pantai utara Daerah Kepala Burung Pulau Papua. Kota ini merupakan salah satu kota bersejarah bagi masyarakat Kristen di Papua karena pada tanggal 5 Februari 1855, dua orang penginjil mendarat di Pulau Mansinam dan memulai karya penyebaran agama Kristen Protestan di kalangan suku-suku yang masih suka berperang satu sama lain. Pulau Mansinam dapat dicapai dengan menyewa kapal atau speedboat dari Pelabuhan Ketapang, di jalan Pasir Putih. Manokwari membentang di Teluk Doreri, dan di tengah perbukitan rendah didominasi oleh pegunungan Arfak di selatan.

Ekspedisi Kirim Mobil Manokwari -
Ekspedisi Kirim Mobil Manokwari –

Ekspedisi Kirim Mobil Manokwari Ke

Ekspedisi Kirim Mobil Manokwari Ke – Aceh, Langsa, Lhokseumawe, Sabang, Subulussalam, Bali, Denpasar, Bangka Belitung, Pangkalpinang, Banten, Cilegon, Serang, Tangerang Selatan, Tangerang, Bengkulu, Gorontalo, Jakarta, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Sungai Penuh, Jambi, Jawa Barat, Bandung, Bekasi, Bogor, Cimahi, Cirebon, Depok, Sukabumi, Tasikmalaya, Banjar, Jawa Tengah, Magelang, Pekalongan, Salatiga, Semarang, Surakarta, Tegal, Jawa Timur, Batu, Blitar, Kediri, Madiun, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Probolinggo, Surabaya, Kalimantan Barat, Pontianak, Singkawang, Kalimantan Selatan, Banjarbaru, Banjarmasin, Kalimantan Tengah, Palangkaraya, Kalimantan Timur, Balikpapan, Bontang, Samarinda, Kalimantan Utara, Tarakan, Kepulauan Riau, Batam, Tanjungpinang, Lampung, Bandar Lampung, Metro, Maluku Utara, Ternate, Tidore Kepulauan, Maluku, Ambon, Tual, Nusa Tenggara Barat, Bima, Mataram, Nusa Tenggara Timur, Kupang, Papua Barat, Sorong, Papua, Jayapura, Riau, Dumai, Pekanbaru, Sulawesi Selatan, Makassar, Palopo, Parepare, Sulawesi Tengah, Palu, Sulawesi Tenggara, Bau-Bau, Kendari, Sulawesi Utara, Bitung, Kotamobagu, Manado, Tomohon, Sumatra Barat, Bukittinggi, Padang, Padangpanjang, Pariaman, Payakumbuh, Sawahlunto, Solok, Sumatra Selatan, Lubuklinggau, Pagaralam, Palembang, Prabumulih, Sumatra Utara, Binjai, Medan, Padang Sidempuan, Pematangsiantar, Sibolga, Tanjungbalai, Tebingtinggi, Yogyakarta,

Hari jadi Kota Manokwari yang jatuh pada tanggal 8 November 1898 dilatarbelakangi oleh peristiwa dibentuknya pos pemerintahan pertama di Manokwari oleh Pemerintahan Hindia Belanda, ketika Residen Ternate Dr. D. W. Horst atas nama Gubernur Jenderal Hindia Belanda melantik Tn. L. A. Van Oosterzee pada hari Selasa tanggal 8 November 1898 sebagai Controleer Afdeling Noord New Guinea (Pengawas Wilayah Irian Jaya Bagian Utara) yang waktu itu masih termasuk wilayah keresidenan Ternate. Tanggal 8 November inilah yang selanjutnya ditetapkan sebagai hari jadi Kota Manokwari melalui Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 1995[3]

Ekspedisi Kirim Mobil Manokwari – Alam bawah laut disekitar Teluk Doreri berisikan bangkai kapal, merupakan salah satu situs terbaik untuk jenis bangkai kapal di Indonesia. Pada Teluk Doreri Terdapat 3 pulau kecil yaitu Pulau Mansinam, Pulau Lemon, dan Pulau Raimuti di dekat Pantai Arfai, yang masih memiliki koleksi terumbu karang unik dan indah. Diperkirakan terdapat lebih dari 20 bangkai kapal berada disana, namun yang dapat dilihat dengan jelas adalah 6 bangkai. Seperti Pasir Putih Wreck sejenis kapal patroli angkatan laut dengan panjang antara 13–22 m, Pillbox Wreck sejenis kapal kargo komesial pembawa amunisi dengan panjang antara 9–16 m, Cross Wreck sejenis kapal patroli, Mupi Wreck, Shinwa Maru sejenis kapal kargo.[4]

Persatuan sepak bola kebanggaan kota Manokwari adalah klub Perseman Manokwari yang bermarkas di Stadion Esau Sesa berkapasitas 20.000 penonton, dijuluki Hinocofu (Ular Putih) atau Laskar Kaki Gunung Arfak, persatuan pendukungnya bernama Hinocofumania atau Persemania.

Catatan sejarah tentang Irian jaya dimulai pada abad ke VII.

Ekspedisi Kirim Mobil Manokwari –Pada abad tersebut diberitakan bahwa pedagang sriwijaya telah sampai di daerah ini dan menyatakan bahwa Irian Jaya termasuk wilayah kerajaan Sriwijaya yang mereka beri nama Janggi.

Keterangan tersebut dapat di pahami mengingat pada waktu itu kerajaan sriwijaya merupakan pusat perdagangan dan pusat agama budha yang berhubungan dengan bangsa cina dan india.

Dengan armadanya yang kuat sriwijaya mengunjungi Maluku dan Irian Jaya untuk memperdagangkan rempah – rempah, wangi – wangian, mutiara dan bulu burung cendrawasih.

Buku tahunan cina menyebutkan bahwa Raja Sriwijaya yang bernama Maharaja Sri Indrawarman telah mengirimkan utusannya ke kaisar cina dan mempersembahkan bulu – bulu burung yang indah.

Sementara itu seorang musafir Cina yang bernama Chon You Kwa menulis, bahwa dikepulauan Indonesia sekarang terdapat suatu daerah yang bernama Tungki dan merupakan bagian dari Maluku. Kalau nama tungki itu dipakai untukmenyebut nama Janggi, maka hal tersebut memperkuat keterangan tentang adanya hubungan Irian Jaya dengan Kerajaan Sriwijaya.

Ekspedisi Kirim Mobil Manokwari – Didalam Kitab Negara Kertagama yang di tulis oleh Mpu Prapanca (1365) Irian Jaya adalah termasuk wilayah Majapahit atau Majapahit kedelapan. Di dalam syair ke XIV didapat kata – kata Ewanim yang menurut beberapa sarjana bahasa merupakan sebutan untuk onim, sedang sian untuk kowiai yang kedua – duanya terletak di teluk Bintuni Kabupaten Daerah Tinkat II Manokwari. Dan ini membuktikan bahwa suku – suku bangsa di Irian Jaya sejak dahulu sudah mempunyai hubungan dengan suku – suku bangsa di bagian Barat, yaitu kerajaan Ternate, Tidore dan Bacan di Maluku.

Suatu keterangan yang dapat menunjukan bahwa Irian Jaya pernah merupakan daerah kekuasaan Sultan Tidore dan Bacan sebagaimana yang dikatakan oleh Koentjaraningrat dan Prof. Dr. Harsya W. Bachtiar dalam penelitiannya yang diungkapkan  di dalam buku yang berjudul :”Penduduk Irian Barat”: bahwa pertemuan pertama antara orang orang pribumi  Irian Barat  dengan Orang – orang dari luar daerah terjadi ketika sultan Tidore berusaha memperluas wilayah jajahannya.

Pada abad XIV pantai Utara sampai Barat daerah kepala burung sampai Namatota (Kab. Fak – Fak) di sebelah Selatan, serta Pulau – Pulau di sekitarnya menjadi wilayah kekuasaan Sultan Tidore.

Daerah tersebut meliputi Pulau – Pulau Raja Ampat wilayah Kabupaten Sorong sekarang, serta daerah Fakfak dan sepanjang pesisir Teluk Bintuni wilayah Kabupaten Daerah Tingkat II Manokwari sekarang.

Ekspedisi Kirim Mobil Manokwari – Untuk memperlancar jalannya roda pemerintahan, Sultan Tidore mengangkat empat orang tokoh sebagai raja/korano yang memerintah penduduk di daerah mereka masing – masing atas nama Sultan Tidore. Hunungan kekuasaan pemerintahan antara kerajaan Tidore dengan daerah  –  daerah kekuasaanya, di tandai dengan kewajiban membayar pajak setiap tahunnya kepada Kerajaan Tidore, melalui raja – raja atau korano – korano yang di angkat oleh Sultan.

Bangsa Barat yang mula – mula melihat pantai Utara Irian adlah dua orang pelaut portugis Antonio D. Anease dan Fransisco Sorreano pada tahun 1511, dalam pelayarannya mencari rempah – rempah, Namun mereka tidak mendarat di pantai itu. Don Jorge De Manezes seorang pelaut portugis merupakan orang Barat pertama yang mendarat, dia menamakan pulau ini pulau Papua. Kata Papua berasal dari bahasa melayu kuno “Papuwah” yang berarti orang berambut keriting. Orang pertama yang memberi nama New Guiena pada pulau Irian adalah ynigo Ortis De Restes, ketika ia berlabuh di muara sungai membramo di pantai Utara Irian. Ynigo Ortis De Retes menamakan dengan nueva Guinea, karena melihat penduduknya berkulit hitam seperti penduduk pantai Afrika Barat. Sebutan yang diberikan oleh De Retes  tersebut tertulis dalam peta abad ke XVI dalam bentuk latin yaitu : “Nova Guinea” dan dalam peta belanda “Nieuw Guinea”.Dalam catatan sejarah penamaan Papua dan New Guinea biasa di pakai baersama – sama.

Nama Irian di usulkan oleh Frans Kaisiepo dalam konverensi Malino pada tahun 1946 dan nama ini kemudian dipakai oleh bangsa Indonesia sampai sekarang.

Namun sampai abad ke XIX Daerah Irian Jaya masih dianggap sebagai wilayah gelap, karena penduduknya masih kafir dan menyembah kepada berhala yang telah berakar berabad – abad lamanya.

Jasa Kirim Mobil Manokwari – Sejarah pekabaran Injil di Irian Jaya menunjukan suatu hasil kerja keras pendeta Groessner dan Heldring di jerman, yang giat mengirimkan penginjilnya ke daerah tropis termasuk Irian Jaya yang sangat membutuhkan uluran tangan mereka. Irian Jaya ketika itu dinamakan “Wilayah Iblis”,hal ini menunjukan bahwa Irian belum terjamah oleh Inji.

Dua orang utusan Groessner masing – masing C.W. Ottow dan J.G.Gleissler mengawali misi penginjilannya dari kota berlin lewat kota hemmen (Belanda) seterusnya pada tanggal 25 juli 1852.

Mengingat bahwa daerah Irian Jaya pada waktu itu masih berada dibawah pengaruh kerajaan ternate, Tidore dan Bacan, Kedua penginjil itu memilih Ternate sebagai tempat tujuan antara sebelum masuk ke Irian Jaya. Setelah menunggu selama 18 bulan di batavia maka perjalanan di teruskan ke ternate pada tanggal 19 mei 1854 menempuh perjalanan laut selama 21 hari dan tiba di ternate pada tanggal 1 Juni 1854. Dengan rasa optimis tinggi, tanggal 12 Januari 1855 mereka meninggalkan Ternate dengan menumpang kapal “TERNATA” dengan nahkoda “CONSTATIJN” menuju irian. Atas petunjuk Gubernur Maluku, Doreh ( Doreri ) di tentukan sebagai daerah tujuan.

Tepat tanggal 5 Februari 1855, kedua penginjil itu mendaratkan kakinya di pulau mansinam ( Teluk Doreri ), dengan ucapan “ Dengan nama ALLAH, kami menginjak tanah ini.”

Ekspedisi Kirim Mobil Manokwari – Dari Mansinam Manokwari inilah kemudian berita Injil tersebut diberitakan keseluruh daratan Irian Jaya. Dan berdasarkan sejarah pekabaran Injil tersebut , maka manokwari maka kota manokwari merupakan kota pertama masuknya Injil di Irian Jaya.

Diantara sekian banyak bangsa – bangsa yang pernah datang ke Irian Jaya, bangsa belandalah yang berhasil menguasainya. Dengan kedudukannya yang kuat serta sistem monopolinya di Indonesia, VOC kemudian berhasil mengusir orang – orang eropa lainnya dari Irian.

Usaha Belanda untuk menguasai wilayah Irian Jaya pertama kali kelihatan, ketika di resmikannya pendirian benteng “Fort du bus” di teluk trihaton di kaki gunung lumenciri tepatnya di kampung Lobo desa Lobo kecamatan Kaimana Kabupaten Fakfak. Pada saat itu komisaris kerajaan Belanda A.J. Van Delden, membacakan suatu pernyataan yang dikenal dengan “Proklamasi Fort Du Bus” pada tanggal 24 agustus 1898. Adapun isi daripada proklamasi tersebut antara lain bahwa daerah New Guinea dengan daerah pedalamannya dimulai pada garis 1400BT di pantai selatan terus ke arah Barat, Barat daya dan utara sampai ke semenanjung goede hoop di pantai Utara kecuaili daerah Mansari, Karondefer, Ambarpura dan Ambepon yang dimiliki Sultan Tidore dinyatakan sebagai milik Belanda.

Ekspedisi Kirim Mobil Manokwari – Karena pengaruh kekuasaan Belanda lebih kuat dari kesultanan Tidore atas Irian Jaya, maka terpaksa sultan Tidore menerima kehendak belanda dengan suatu perjanjian penyerahan wilayah berbentuk “korte verklaring” pada tanggal 3 juni 1909.

Sekalipun sejak tahun 1898 Irian jaya sudah dianggap daerah jajahan belanda namun kekuasaan yang sebenarnya baru terwujud pada akhir abad ke XIX. Semula belanda mengabaikan daerah ini, karena di anggap kurang menguntungkan. Tapi setelah timbul ancaman serta saingan – saingan dari orang – orang amerika serta orang eropa lainnya dalam usaha memperluas daerah jajahannya masing – masing, mulailah Belanda memusatkan perhatiannya secara sungguh – sungguh kepada daerah Irian Jaya.

Untuk memantapkan pemerintahan Hindia Belanda di wilayah Irian Jaya ini, maka di bentuklah pos pemerintahan yanng pertama berkedudukan di manokwari. Dengan demikian maka kota manokwari selain sebagai kota pertama masuknya Injil di Irian Jaya juga sebagai embrio pertama sejarah pemerintahan di wilayahn Irian Jaya dan selanjutnya ke fakfak.

Kedua pos pemerintahan tersebut di atas masih langsung di bawahi oleh karesidenan Maluku yang berkedudukan di Ambon.

Dalam perkembangan selanjutnya, kedua pos pemerintahan tersebut di tingkatkan statusnya menjadi Afdeling, yaitu :

  1. Afdeling Noord Nieuw Guinea, ( Irian Jaya Bagian Utara ) beribukota di Manokwari yang meliputi wilayah sorong sampai Jayapura.
  2. Afdeling west Nieuw Guinea ( Irian Jaya Bagian Barat ) yang beribukota di fakfak, meliputi wilayah yang terbentang dari Fakfak sampai Merauke.

Ekspedisi Kirim Mobil Manokwari – Setelah kemerdekaan Indonesia yang di proklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan suatu wilayah hukum negara yang meliputi bekas wilaya jajahan kerajaan Belanda (Hindia Belanda) maka sejak saat itu secara sah dan di akui oleh dunia luar berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berwilayah dari sabang sampai Merauke.

Dalam kenyataan sejarah ternyata lain, sebab daerah Irian Jaya ternyata lain, sebab daerah Irian Jaya ternyata tetap di kuasai oleh Belanda, walaupun melalui beberapa kali perjanjian sampai dengan Konverensi Meja Bundar pada tahun 1949 di Den Haag Belanda dan sebagai  hasilnya Indonesia menerima pengaturan sementara kedudukan Irian Barat (Irian Jaya) oleh Belanda untuk jangka waktu satu tahun. Dan kemudian ketentuan ini ternyaata tak di penuhi oleh Pemerintah Belanda, di mana Irian Jaya tetap tidak dikembalikan kepada Pemerintah Indonesia.

Namun perjuangan untuk mengembalikan Irian jaya antara tahun 1950 dan 1953 terus di lakukan, terutama melalui meja perundingan secara bilateral dalam lingkungan ikatan Uni Indonesia – Belanda. Setelah usaha – usaha tersebut terbukti tidak membawa hasil, maka sejak tahun 1954 diikuti pembatalan secara sepihak persetujuan KMB oleh Indonesia pada tahun 1956.

Kata yang sering di cari di google

Jasa , Pengiriman , Kirim , Mobil , Cargo , Ekspedisi , Harga , Murah , Online , Via Pos , Aman , Pulau , Syarat , Antar , Pengalaman , Biaya , Cara , Dari , Ke , Bekas , Baru , Pelni , Kantor , Pesawat , Kapal Laut , JNE , Luar Negri , Kota , Ongkos , Towing , Self Driver , Car Carrier , Kontainer , Kapal Roro , Kapal , Kereta Api , Via Laut , Terbaik , TIKI , Truk , Terpercaya , Angkut , Cek Harga , Paket , Cara , Mengirim , Tarif , Kendaraan , Motor , Ongkir , Jasa Derek Mobil , Jasa Towing

Perjuangan untuk mengembalikan Irian Jaya kini didasarkan pada kekuatan rakyat Indonesia sendiri. Dari hasil perjuangan ini pula melahirkan undang – undang nomor 1956, tentang pembentukan Provinsi Irian Barat perjuangan oleh kabinet Ali Sastroamidjojo, Moh. Roem dan Idam Chalid (hasil pemilu I tahun 1955).

Jasa Kirim Mobil Manokwari – Peresmian pembentukan Provinsi Irian Barat perjuangan dilakukan bertepatan dengan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 39 pada tanggal 17 Agustus 1956, meliputi wilayah Irian Barat yang masih di duduki belandadan daerah Tidore, Oba, Weda, Patani, serta Wasile di Maluku Utara. Sebagai Gubernur pertama diangkat Sultan Tidore, Zainal Abidin Syah, yang berkedudukan di Soasiu dan pelantikannya di lakukan pada tanggal 23 September 1956.

Pembentukan propinsi perjuangan ini lebih di titik beratkan atas dasar teknis administrasi, dan mendapat dukungan dari seluruh rakyat Indonesia. Untuk lebih mempertegas bahwa Irian Barat merupakan bagian dari pada Negara Republik Indonesia, maka diberi kesempatan kepada rakyat Irian Barat untuk ikut serta dalam pemerintahan.

Maka pada bulan Agustus 1956 Pemerintah Republik Indonesia mengangkat 3 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat sebagai wakil dari rakyat Irian.

Mereka itu adalah : Silas Papare, Mohamad Padang dan A.B Karubuy. Namun demikian propinsi Irian Barat perjuangan ini, walupun mempunyai apa ratur pemerintahan berupa  gubernur Kepala Daerah, Dewan Pemerintahan Daerah dan Jawatan-jawatan lainnya,tetap tinggal melempen sampai akhir hidupnya. Perjuangan untuk mengembalikan Irian Barat belum membawa hasil apa-apa, karena Belanda secara menyolok mendirikan “Dewan Papua” pada tanggal 5 April 1961 yang kemudian disusul dengan pembentukan “Negara Papua Merdeka” terlepas dari Negara Republik Indonesia.

Ekspedisi Kirim Mobil Manokwari – Maka terpaksa pemerintahan Indonesia meningkatkan konfrontasinya dalam bidamg mileter. Hal ini memperlihatkan kesungguhan pemerintahan Indonesia untuk membebaskan wilayah Irian Barat dari tangan Belanda dengan kekuatan senjata. Tepat pada tanggal 19 Desember 1961 di jogyakarta Presiden Soekarno selaku Panglima Tertinggi Angkatan Perang mengeluarkan Tri komando Rakyat (Trikora) yang berbunyi sebagai berikut :

TRI KOMANDO RAKYAT

Kami, Presiden/Panglima Tertinggi Angkatan Perang Republik Indonesia dalam rangka politik konfrontasi dengan pihak Belanda untuk membebaskan Irian Barat telah memberikn instruksi kepada angkatan Bersenjata untuk pada setiap waktu yang kami akan tetapkan menjalankan tugas kewajiban membebaskan Irian Barat Tanah Air Indonesia dari belenggu kolonialisme Belanda.

            Dan kini oleh karena Belanda masih tetap mau melanjutkan kolonialisme ditanah air kita Irian Barat,dengan memecah belah bangsa dan Tanah Air Indonesia, maka kami perintahkan kepada rakyat Indonesia, juga yang berada di daerah Irian Barat, untuk melaksanakan Tri Komando  sebagai berikut:

  1. Gagalakan pembentukan negara boneka Papua Barat  Belanda kolonial.
  2. Kibarkanlah sang merah putih di Irian Barat tanah air Indonesia.
  3. Beriaplaj untuk mobilisasi umum memperthankan kemerdekaan dan kesatuan Tanah Air dan Bangsa

Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati perjuangan kemerdekaan Indonesia. Dengan dikeluarkannya Tri Komado Rakyat maka perjuangan mengembalikan Irian Barat kedalam wilayah kekuasaan Republik Indonesia memasuki babak baru

Pelaksanaan Trikora memerlukan suatu propinsi sesuai dengan pasal 18 UUD tahun 1945. Pada tanggal 1 Januari 1962 dikeluarkanlah penetapan Presiden No.1 tahuin 1962 tentang pembentukan Propinsi irian Barat bentuk baru.

Penetapan Presiden ini sekaligus mencabut UU No. 15 Tahun 1956 dan segenap peraturan negara yang berdasrkan undang-undang tersebut.

Jasa Kirim Mobil Manokwari – Dengan demikian berakhirlah propinsi Irian Barat perjuangan yang hidup sejak tahun 1956 sampai akhir1961. Pemerintah menganggap sudah tiba saatnya untuk membentuk secara nyata suatu propinsi sebagaimana dimaksud dalam pasal 18 UU 1945 bagi wilayah Irian Barat dengan ibukota didaratan wilayah Irian jaya sendiri. Dalam Penpres Nomor 1 tahun 1961 pasal 1 menetapakan bahwa Residentie Nieuw Guinea yang di ciptakan dan masih diduduki oleh Belanda, kini dibentuk menjadi suatu Propinsi Irian Barat Bentuk Baru

sebagai ibukota Propinsi Irian barat Bentuk Baru ditetapkanlah kota Baru (Hollandia) yang terletak didaratan Irian Jaya. Baru (Hollandia) yang terletak didaratan Irian Jaya.

Selanjutnya susunan Pmerintah Daerah ini akan terdiri atas seorang Gubernur putera asli Irian Barat dengan didampingi oleh wakil ubernur, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Badan Perintah Harian. Selama perjuangan pembebasan Irian Barat (Irian jaya) masih berlangsung, semua penjabat akan diangkat oleh Presiden Republik Indonesia. Demikian pula jumlah anggota DPRD dan BPH serta kekuasaan, tugas dan kewajibannya ditetapakan pula oleh presiden.

Menurut konsepsi Pemerintahan Republik Indonesia, Propinsi Irian Barat baru merupakan propinsi otonom sebagai pelaksanaan pasal 18 undang-undang Dasar 1945, kepada penduduk asli Irian Barat akan diberikan otonom seluas-luasnya yang terwujud antara lain dengan ditetapkannya putera asli asal wilayah itu sebagai Gubernur. Tetapi berhubung belum selesainya perjuangan Pembebasan Irian Barat dari tangan Belanda, maka pelaksanaan otonomi disesaikan dengan taraf  perjuangan.

Jasa Kirim Mobil Manokwari – Kelanjutan penyusunan propinsi dalam susunan ketatanegaraan Republik Indonesia akan ditetapakan setelah wilayah ini kembali dalam lingkungan kekuasaan Pemerintah Republik Indonesia. Perjuangan pembebasan Irian Barat yang telah meningkat pada konfrontasi senjata, ,mengakibatkan semua potensi dan perhatian dicurahkan terhadap persiapan-persiapan operasi militer. Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Propinsi Irian Barat bentuk baru dalam suasana yang genting tersebut tidak nampak nyata. Untuk mempersiapkan dan menyelanggarakan operasi-operasi militer dari wilayah Indonesia bagian timur kedaratan Irian Barat, maka Presiden sebagai Panglima Besar Komando Tertinggi Pembebasan Irian Barat mengeluarkan keputusan Nomor 1 tahun 1962, tentang dibentuknya suatu “Komando Mandela” dimana dalam nenunaikan tugasnya untuk kepentingan kesatuan tindakan, didampingi oleh staf pemerintah Daerah Propinsi Irian Barat bentuk baru. Komando ini dipimpin langsung oleh Mayor Jendral Suharto (Presiden Ri sekarang) dan berkedudukan di ujung padang. Kegiatan-kegiatan propinsi ini selanjutnya diselenggarakan dalam rangka kerja sama dengan pihak milter, sebagai akibat konfrontasi militer dan pendaratan gerilyawan-gerilyawan Indonesia di Irian Barat.

      Kedudukan Belanda di Irian barat menjadi semakin goyah. Pihak Belanda tidak lagi merasa yakin akan dapat mempertahankan wilayah tersebut,apabila Republik Indonesia melakukan opersi-operasi militer secar besar-besaran. Oleh kerena itu berdasarkan prinsip-prinsip yang di usulkan oleh diplomat amerika serikat., yaitu Ellsworth Bunker, akhirnya pihak Belanda bersedia mengadakan perundingan dengan Republik Indonesia tentang tata cara penyerhan Irian Barat kepada Indonesia.

Dalam bulan Juli 1962 mulailah dilangsungkan perundingan-perundingan di bawah bimbingan pejabat Sekretaris Jendral PBB, yaitu U.Thant dan Ellsworth Banker. Akhirnya tepat tanggal 15 Agustus 1962 diadakan penanda tanganan yang bersejarah yang disebut  “Persetujuan New York”. Dalam persetujuan tersebut diupayakan bahwa tuntutan Indonesia untuk memasukkan wilayah Irian Barat kedalam kukuasaan pemerintah Republik Indonesia di penuhi oleh Belanda melalui suatu masa perihan pemerintahan yang diselenggarakan oleh pihak ketiga, ialah Badan Pemerintah sementara PBB atau United Nation Temporary Executive Autority (UNTEA) dan pihak Indonesia juga mengakui dan melaksanakan tuntutan Belanda tentang pemberian hak menentukan pendapat bagi rakyat Irian Barat untuk mengatur status wilayah sendiri , dilakukan selambat-lambatnya setelah 7 tahun penyerahan kekuasaan. Pelaksanaanya kemudian terkenal dengan penentuan pendapat Rakyat (PEPERA).

Jasa Kirim Mobil Manokwari – Point lain dalam persetujuan New York yang sangat erat kaitannya dengan penyerahan kekuasaan Irian Barat dari Untea kepada Pemerintah Republik Indonesia sebagai berikut:

  1. Setelah pengesahan persetujuan antara Indonesia dan Belanda maka selambat-lambatnya tanggal 1 Oktober 1962, penguasa dari Badan Pemerintah PBB (UNTEA) menerima pemerintahan dari tangan Belanda. Saat itu juga bendera Belanda diturunkan, yang berarti kekuasaan atas Daerah tersebut diserahkan kepada UNTEA.
  2. Pemerintah sementara PBB akan memakai tenaga-tenaga Indonesia baik sipil maupun alat-alat keamanan putera-putera Irian Barat sendiri dan sisa-sisa pegawai Belanda yang masih diperlukan
  3. Pasukan-pasukan Indonesia tetap tinggal di Irian Barat yang dibawah kekuasaan Pemerintahan sementara PBB.
  4.  Angkatan perang Belanda mulai saat itu secara berangsur-angsur dikembalikan dalam pengawasan PBB dan tidak boleh dipergunakan untuk operasi-operasi militer.
  5. Antara Irian Barat dan Indonesia lain berlaku lintas bebas.
  6. Tanggal 31 Desember 1962 Bandara Indonesia mulai berkibar disamping bandara PBB.
  7. Pemulangan anggota-anggota sipil dan militer Belanda harus sudah selesai pada tanggal 1 Mei 1963 dan selambat-lambatnya pada tanggal tersebut Pemerintah Republik Indonesia secara resmi menerima Pemerintahan sementara PBB.

Jasa Kirim Mobil Manokwari – Dengan demikian maka pada tanggal 1 Mei 1963, pemerintah Republik Indonesia mulai menjalankan pemerintahannya di Irian Barat.

      Sesuai dengan kehendak Belanda yang dituangkan dalam persetujuan New York , yaitu agar rakyat Irian Barat diberi hak unruk memberikan pendapatnya setelah 7 tahun penyerahan kekuasaan Irian Barat dari pemerintah semntara PBB kepada Indonesia, maka pada tanggal 14 Juli 1969 sampai dengan 2 Agustus 1969 dilaksanakan Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA) di Irian Barat. Hasilnya adalah rakyat Irian Barat tetap memilih bergabung dengan Republik Indonesia. Dengan demikian wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia telah utuh kembali dengan secara nyata dari sabang – merauke

      Untuk mengejar ketinggalan-ketinggalan akibat penjajahan, maka pemerintah bersama dengan rakyat di Propinsi Irian Jaya melaksanakan pembangunan disegala bidang, melalui tahapan-tahapan Pelita.

Pada akhir Pelita II tahun 1979 Kabupaten Daerah Tingkat II Manokwari berhasil meraih penghargaan tertinggi dari negara berupa Pataka Parasamya Purna Karya Nugraha.

      Dalam rangka persiapan pemekaran wilayah Irian Jaya menjadi beberapa propinsi pada Pelita IV, kota Manokwari telah ditetapkan sebagai Pusat Pembantu Gubernur wilayah II, yang meliputi : Kabupaten Dati II Manokwari sorong, Teluk Cendrawasih dan Yapen Waropen.

Jasa Kirim Mobil Manokwari – Di pilihnya kota Manokwari sebagai pusat pembantu Gubernur Wilayah II, karena fakta sejarah dimana kota Manokwari adalah merupakan kota pertama masuknya Injil di Irian Jaya dan juga merupakan kota pemerintahan pertama di Irian Jaya.

Dalam upaya membangun kota manokwari agar sesuai dengan RIK (Rencana Induk Kota) diupayakan pula untuk mewujudkan kota Manokwari menjadi kota yang BERSEJARAH (Bersih,Sehat,Jaya,Rapi, Aman dan Hidup)

-kota yang Bersih

      Pengertian kota yang bersih adalah kota yang memiliki tatacara pengelolahan sampah dan air limbah yang teratur dan baik.         

–          Kota yang sehat

Berarti penduduk yang hidup dalam kota itu benar – benar bebas dari penyakit menular maupun wabah penyakit lainnya. Jadi sehat dalam arti jasmani maupun rohaninya.

–          Kota yang jaya

Berarti kota yang berhasil melaksanakan pembangunan di segala bidang. Suasana ini menggambarkan bahwa kota telah tentram, tertib dan warga kotanya hidup rukun dan damai.

–          Kota yang rapi

Berarti kota yang telah daitata sedemikian rupa hingga rapi, dimana setiap sudut – sudut kota terdapat taman – taman kota serta tata bangunan yang sesuai dengan rencana kota induk Manokwari.

–          Kota yang aman

Mencerminkan suasana aman bagi warga kotanya, yaitu aman dari gangguan manusia, aman dari kemungkinan putusnya sumber hidup (lapangan kerja).

–          Kota yang hidup

Artinya kota yang terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi, maupun perkembangan penduduknya.

Pembangunan terus dilaksanakan sesuai tuntutan warga kota yang terus meningkat

ekspedisi kirim mobil manokwari selatan
ekspedisi kirim mobil maybrat
ekspedisi kirim mobil pegunungan arfak
ekspedisi kirim mobil raja ampat

Ekspedisi Kirim Mobil Kata Ekspedisi tentu telah tidak asing lagi dalam kehidupan kita tiap hari. Terlebih pada era di mana nyaris seluruh orang memerlukan jasa pengiriman mobil . Kemudian, apa yang Kamu tahu tentang ekspedisi itu sendiri? Di mari hendak dibahas sebagian perihal tentang pengiriman mobil serta pula begaimana metode kerjanya.

Apa yang Diartikan Dengan Ekspedisi?

Ekspedisi Kirim Mobil Manokwari -
Ekspedisi Kirim Mobil Manokwari –

Apabila Kamu kerap melaksanakan transaksi ataupun jual beli online, ataupun bergelut pada bidang bisnis apa juga, telah ditentukan Kamu sudah mengenali apa yang diartikan ekspedisi. Sebutan tersebut pula sangat sering di dengar untuk sebagian orang yang melaksanakan bisnisnya di dunia pengiriman ataupun jasa antar mobil. Pengiriman tersebut dapat lewat sebagian jalan, baik itu lewat darat, air, serta pula udara.

KBBI( Kamus Besar Bahasa Indonesia) berkata kalau makna dari ekspedisi merupakan pengirimanmobil maupun industri yang bekerja pada bidiang pengangkutan mobil. Di samping itu, sebutan tersebut pula mempunyai makna“ ekspedisi” ataupun“ pengembaraan” di mana dalam perihal ini merujuk pada konteks kegiatan pemindahan mobil yang dicoba oleh seorang lewat pihak penyedia layanan tersebut mengarah ke alamat tujuan.

PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO adalah Perusahaan Jasa Kirim Mobil Terpercaya. Berbasis Teknologi kami akan meramaikan dunia pengiriman khususnya mobil baru dan bekas. Percayakan pengiriman mobil pada kami. Kami akan melayani anda dengan sepenuh hati,,Terima Kasih atas Kepercayaan selama ini kepada para customer.

Ekspedisi Kirim Mobil

Di Indonesia sendiri, sebutan ini telah begitu membumi sebab pada masa saat ini banyak sekali orang yang melaksanakan transaksi secara tidak langsung( online)– yang hendak mengaitkan jasa antar mobil yang dibeli maupun dijual diberikan pada konsumen lewat jasa ekspedisi yang sediakan bermacam sarana dan opsi pengiriman mobil.

Tidak cuma itu, saat sebelum Mobil yang hendak dikirim hingga pada tujuannya, pengguna layanan tersebut hendak dikenai bayaran pengiriman mobil. Harga tersebut dapat bersumber pada tipe mobil yang dikirim, dimensi, ataupun berat yang sudah ditimbang cocok dengan prosedur yang sudah disepakati.

Sistem Kerja Ekspedisi dalam Pengiriman Mobil

Sistem Kerja Ekspedisi dalam Pengiriman Mobil
Sistem Kerja Ekspedisi dalam Pengiriman Mobil

Masing- masing jasa ekspedisi mempunyai perbandingan menimpa Standar Operasional prosedur ataupun SOP- nya sendiri- sendiri. Terdapat layanan jasa pengiriman yang sediakan prosedur yang simpel sehingga memudahkan penggunanya dalam pengiriman mobil.

Terdapat pula yang sediakan prosedur yang sangat ketat sehingga seluruh ketentuan serta syarat yang berlaku wajib betul- betul dipadati.

Biasanya, peraturan ataupun standar operasional yang ketat hendak membagikan jaminan kemanana pengiriman mobil yang lebih memuaskan. Sebab itu, selaku pengguna jasa pengiriman mobil, Kamu wajib memerhatikan sebagian perihal biar bisa memilah jasa ekspedisi secara pas.

Pada dasarnya, masing- masing penyedia jasa layanan antar mobil tersebut mempunyai sistem kerjanya tertentu. Berikut ini sebagian perihal yang mesti dicermati terpaut sistem kerja pengiriman mobil:

  1. Mobil

Perihal awal yang terdapat dalam sistem kerja eskpedisi pengiriman mobil merupakan mobil itu sendiri. tanpa terdapatnya mobil, aktivitas pemindahan mobil tidak hendak terlaksana.

Tidak hanya itu, butuh dicermati pula kalau mobil yang hendak Kamu kirim haruslah mobil yang diperbolehkan dalam pengirimannya secara sah. mobil ilegal serta mobil larangan tidak hendak diterima pihak penyedia layanan.

  1. Pengemasan mobil ( Packing)

Packing ataupun pengemasan mobil pula masuk ke dalam sistem kerja ekspedisi. Perihal ini dicoba buat tujuan menjamin keselamatan mobiltanpa terdapat kehancuran.

Terdapat sebagian mobil yang hendak jadi atensi spesial dalam perihal pengemasannya, semacam mobil rusak belah, mobil dalam wujud cairan maupun santapan yang bisa membusuk. Terdapat sebagian industri yang hendak menolak pengiriman mobil bila penggunanya tidak mengemasnya dengan baik.

  1. Pengurusan Dokumen serta Administrasinya

Pengurusan administrasi dokumen pula ialah bagian dari sistem kerja jasa pengiriman mobil. Administrasi dokumen di mari artinya merupakan kepengurusan Mengenai surat- surat administrasi bea cukai maupun pihak- pihak yang terpaut dengan ini seluruh. Jasa ekspedisi hendak berfungsi selaku pengurus kebutuhan administrasi yang dibutuhkan.

Jasa Ekspedisi Mobil Dari Ke

Ekspedisi Kirim Mobil Manokwari –

Ekspedisi Kirim Mobil Manokwari Ke – Aceh, Langsa, Lhokseumawe, Sabang, Subulussalam, Bali, Denpasar, Bangka Belitung, Pangkalpinang, Banten, Cilegon, Serang, Tangerang Selatan, Tangerang, Bengkulu, Gorontalo, Jakarta, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Sungai Penuh, Jambi, Jawa Barat, Bandung, Bekasi, Bogor, Cimahi, Cirebon, Depok, Sukabumi, Tasikmalaya, Banjar, Jawa Tengah, Magelang, Pekalongan, Salatiga, Semarang, Surakarta, Tegal, Jawa Timur, Batu, Blitar, Kediri, Madiun, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Probolinggo, Surabaya, Kalimantan Barat, Pontianak, Singkawang, Kalimantan Selatan, Banjarbaru, Banjarmasin, Kalimantan Tengah, Palangkaraya, Kalimantan Timur, Balikpapan, Bontang, Samarinda, Kalimantan Utara, Tarakan, Kepulauan Riau, Batam, Tanjungpinang, Lampung, Bandar Lampung, Metro, Maluku Utara, Ternate, Tidore Kepulauan, Maluku, Ambon, Tual, Nusa Tenggara Barat, Bima, Mataram, Nusa Tenggara Timur, Kupang, Papua Barat, Sorong, Papua, Jayapura, Riau, Dumai, Pekanbaru, Sulawesi Selatan, Makassar, Palopo, Parepare, Sulawesi Tengah, Palu, Sulawesi Tenggara, Bau-Bau, Kendari, Sulawesi Utara, Bitung, Kotamobagu, Manado, Tomohon, Sumatra Barat, Bukittinggi, Padang, Padangpanjang, Pariaman, Payakumbuh, Sawahlunto, Solok, Sumatra Selatan, Lubuklinggau, Pagaralam, Palembang, Prabumulih, Sumatra Utara, Binjai, Medan, Padang Sidempuan, Pematangsiantar, Sibolga, Tanjungbalai, Tebingtinggi, Yogyakarta,

Perbedaan Pengiriman Ekspedisi dan Pengiriman Cargo

Perbedaan Pengiriman Ekspedisi dan Pengiriman Cargo

Jasa pengiriman mobil ada dua istilah yaitu jasa ekspedisi dan pengiriman cargo. Sebenarnya tidak ada perbedaan antara keduanya, namun pandangan masyarakat terhadap jasa pengiriman ekspedisi dan pengiriman cargo seperti sudah ter-setting bahwa pengiriman ekspedisi adalah pengiriman mobil dalam skala kecil, sedangkan jasa pengiriman cargo adalah pengiriman mobil dalam jumlah dan skala yang besar. Fungsi keduanya dapat dikatakan sama yaitu mendistribusikan mobil atau paket ke alamat tujuan.

Fasilitas atau layanan Jasa Kirim Kami Menggunakan

  • Selft Driver – adalah Jasa pengiriman menggunakan supir. Mobil anda di kendari supir dari lokasi penjemputan sampai lokasi tujuan dinamakan juga Dor to Dor
  • Towing – Kendaraan atau mobil anda di naikan ke atas truk towing kami seperti gendong mobil. Layanan ini cukup mahal tapi sangat aman dan cepat. layanan towing kami juga sudah dor to dor, diambil dari lokasi awal sampai lokasi tujuan
  • Car Carrier – Layanan ini aman dan murah tapi memerlukan waktu agak lama karena harus menunggu 6 mobil baru truk Car Carrier kita jalan
  • Kapal – Layanan ini biasanya di gunakan untuk mengirim mobil antar pulau atau antar provinsi di darat nya bisa di driver, towing atau car carrier anda tinggal pilih menggunakan yang mana. tergantung kondisi, waktu dan mobil anda sendiri.

Catatan :

  • Harga belum termasuk pajak
  • Semua layanan door to door dalam kota
  • Pengiriman Mobil Mewah (BMW, Mercedes benz, Lainnya), Mobil Truk CDD, Fuso, Tronton, & Alat Berat silahkan menghubungi CS kami.
  • Estimasi dihitung dari truk, kapal, mobil berangkat

Istilah dalam Dunia Ekspedisi

Ekspedisi Kirim Mobil – Dalam kegiatan logistik terdapat beberapa istilah yang biasa digunakan para pelaku bisnis ekspedisi. Berikut telah kami rangkumkan beberapa istilah dalam kegiatan logistik diantaranya adalah;

  • Shipper : atau biasa lebih dikenal dengan pengirim barang. Pada dokumen-dokumen yang dilampirkan seperti : BL (Bill of Lading), Packing List, Commercial Invoice, dll. Nama dan alamat lengkap Shipper harus tertulis dengan jelas.
  • Consignee : atau lebih dikenal dengan penerima barang. Sama seperti shipper, nama dan alamat lengkap consignee harus tertulis jelas, pada dokumen-dokumen seperti ; BL (Bill of Lading, Packing List, Commercial Invoice, dll
  • Vessel : Kapal
  • Voy (Voyage) : Nomor keberangkatan kapal.
  • Descriptions of goods : Deskripsi barang terdapat pada packing list (lengkap) dan Bill of Lading.
  • G.W (Gross Weight) : Berat kotor dari barang dan kemasan barang itu sendiri. Contoh berat barang 2 Kgs dan berat kemasannya 0,5 Kgs maka G.W : 2,5 Kgs.
  • N.W (Net Weight) : Berat bersih barang sebelum di kemas
  • LCL (Less than Container Load) : pengiriman barang yang kapasitasnya dibawah standar kapasitas muat kontainer.
  • FCL (Full Container Loaded) : Pengiriman barang dengan menggunakan kontainer.
  • CY : Container Yard yaitu mode pengiriman dari tempat penumpukan petikemas.
  • DOOR : Alamat gudang atau lokasi asal serta lokasi pengambilan barang yang akan dikirim.
  • ETD (Estimation Time of Departure) : adalah perkiraan waktu keberangkatan kapal.
  • ETA (Estimation Time of Arrival) : adalah perkiraan waktu kedatangan kapal.
  • B/L (Bill of Lading) : adalah Konosemen atau bukti pengiriman barang dan pengambilan barang.
  • P.O.L (Port Of Loading) : adalah pelabuhan muat.
  • P.O.D (Port Of Discharge) : adalah pelabuhan bongkar.
  • UTPK : adalah Unit Tempat Penumpukan Peti Kemas.
  • DEPO : Tempat penumpukan container kosong.
  • O/S (Open Stack) : adalah waktu dibukanya kontainer/ barang boleh ditempatkan di warehouse atau UTPK.
  • C/T (Closing Time) adalah waktu ditutupnya pemasukan/ penumpukan barang di warehouse atau UTPK.
  • DO (Delivery Order) : adalah surat yang diterbitkan pihak shipping atau forwarder kepada shipper sebagai bukti pengambilan kontainer kosong.
  • Stuffing : adalah proses pemuatan barang ke dalam kontainer.
  • Stripping: adalah proses bongkar muat barang dari kontainer.
  • Part of Shipment : adalah pengiriman barang yang menggunakan 1 kontainer, dimana dalam kontainer tersebut terdiri dari beberapa nama shipper namun dengan tujuan satu consignee.
  • Dry Container : adalah standar kontainer yang digunakan untuk mengangkut barang-barang biasa. Seperti : besi, sembako, keramik, cat, furniture, dan bahan bangunan.
  • Reefer Container : adalah jenis kontainer yang memiliki pengatur suhu dingin. Biasanya digunakan untuk pengiriman produk yang makanan frozen dan makanan hidup seperti ; ikan, buah-buahan, sayur-sayuran. dll
  • Nah itulah beberapa penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai pengertian dari ekspedisi dan istilah-istilah yang biasa digunakan dalam prosesnya.

Adanya jasa ekspedisi pengiriman barang memegang peran penting bagi masyarakat Indonesia. Kebutuhan akan jasa pengiriman barang saat ini sangat besar, mulai dari perusahaan atau pabrik juga industri kecil, bisnis online, dan bisnis UMKM semua memiliki kebutuhan jasa pengiriman barang.

Jika anda membutuhkan jasa ekspedisi pengiriman anda bisa menggunakan Prahu-Hub. Prahu-Hub terhubung dengan penyedia jasa pengiriman terpercaya dan berpengalaman di seluruh Indonesia. Dapatkan informasi berbagai rute pengiriman antar pulau berikut jadwal dan harga yang transparan untuk selalu membantu kelancaran bisnis Anda. Sumber Mrizky

Apa Sih Kata atau Kalimat yang sering di cari di google

Untuk menaikan rangking Google dalam bisnis Jasa Pengiriman Mobil diharuskan analisa dulu kata yang sering di cari di google. Berikut analisa dari google planner untuk keyword ” Jasa Kirim Mobil “

Kata yang sering di cari di google

Jasa , Pengiriman , Kirim , Mobil , Cargo , Ekspedisi , Harga , Murah , Online , Via Pos , Aman , Pulau , Syarat , Antar , Ekspedisi Kirim Mobil , Pengalaman , Biaya , Cara , Dari , Ke , Bekas , Baru , Pelni , Kantor , Pesawat , Kapal Laut , JNE , Luar Negri , Kota , Ongkos , Towing , Self Driver , Car Carrier , Kontainer , Kapal Roro , Kapal , Kereta Api , Via Laut , Terbaik , TIKI , Truk , Terpercaya , Angkut , Cek Harga , Paket , Cara , Mengirim , Tarif , Kendaraan , Motor , Ongkir , Jasa Derek Mobil , Jasa Towing , Jasa Supir

Link Terkait Jasa Kirim Mobil

Baca Juga

Terima kasih banyak sudah menyempatkan baca artikel ini. Jika ada pertanyaan lain silakan langsung saja di chat lewat WhatsApp, Telegram dan yang lainnya. Semoga kita selalu di berikan kesehatan di zaman pendemi Covid 19 . Aamiin.. Salam dari kami PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO

Jasa Kirim Mobil Logo
Jasa Kirim Mobil

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Style switcher Reset
Body styles
Custom Color
Main color
Accent color
Background image
Patterns
×
× CEK HARGA