Ekspedisi Kirim Mobil Bireuen

Ekspedisi Kirim Mobil Bireuen

Ekspedisi Kirim Mobil Bireuen – Kabupaten Bireuen adalah salah satu kabupaten di Aceh, Indonesia. Kabupaten ini beribukotakan di Bireuen Kabupaten ini menjadi wilayah otonom sejak 12 Oktober tahun 1999 sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Utara. Kabupaten ini terkenal dengan julukan kota juangnya, dan sempat menjadi salah satu basis utama Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Semenjak diberlakukannya darurat militer sejak bulan Mei 2003, situasi di kabupaten ini berangsur-angsur mulai kembali normal setelah perjanjian damai MOU Helsinki[5].

Kabupaten Bireuen termasuk salah satu kabupaten yang bersejarah bagi bangsa ini karena pernah ditetapkan sebagai ibukota Republik Indonesia kedua pada tanggal 18 Juni 1948 yakni tepat pada saat Agresi Militer Belanda II (1947-1948). Akibatnya, PDRI yang semula menetap di Kota Bukittinggi berpindah lokasi ke Kabupaten Bireuen (a.k.a. Kota Juang).

Ekspedisi Kirim Mobil Bireuen -
Ekspedisi Kirim Mobil Bireuen –

Kabupaten Bireuen juga terkenal di bidang kulinernya diantaranya Mie Kocok Geurugok (Gandapura), Rujak Manis dan Bakso Gatok (Kuta Blang), Sate Matang (Peusangan) Bu Sie Itek dan Nagasari (Kota Juang/Bireuen).

Jasa Kirim Mobil Bireuen – Secara geografis Kabupaten Bireuen terletak diantara 04° 54′ 00” – 05° 21′ 00” LU dan 96° 20′ 00” – 97° 21′ 00” BT yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Utara pada tanggal 12 Oktober 1999 (berdasarkan Undang-undang No. 48 Tahun 1999). Luas wilayah Kabupaten Bireun adalah 1.796,32 Km² (179.632 Ha), dengan ketinggian 0 – 2.637 mdpl (meter di atas permukaan laut). Terbagi dalam 17 kecamatan, dimana Kecamatan Peudada merupakan kecamatan terluas dengan luas wilayah 312,84 km2 atau sebesar 17,42 persen dari luas Kabupaten Bireuen. Sedangkan kecamatan terkecil adalah Kecamatan Kota Juang dengan luas hanya 16,91 km².

Sejarah

Ekspedisi Kirim Mobil Bireuen – Kabupaten Bireuen dalam catatan sejarah dikenal sebagai daerah Jeumpa. Dahulu Jeumpa merupakan sebuah kerajaan kecil di Aceh. Menurut Ibrahim Abduh dalam Ikhtisar Radja Jeumpa, Kerajaan Jeumpa terletak di Desa Blang Seupeung, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen.

Kerajaan-kerjaan kecil di Aceh tempo dulu termasuk Jeumpa mengalami pasang surut. Apalagi setelah kehadiran Portugis ke Malaka pada tahun 1511 M yang disusul dengan kedatangan Belanda. Secara de facto Belanda menguasai Aceh pada tahun 1904, yaitu ketika Belanda dapat menduduki benteng Kuta Glee di Batee Iliek, di bagian barat Kabupaten Bireuen.

Kemudian dengan Surat Keputusan Vander Guevernement General Van Nederland Indie tanggal 7 September 1934, Aceh dibagi menjadi enam Afdeeling (kabupaten) yang dipimpin oleh seorang Asisten Residen. Salah satunya adalah Afdeeling Noord Kust van Aceh (Kabupaten Aceh Utara) yang dibagi dalam tiga Onder Afdeeling (kewedanan).

Kewedanan dikepalai oleh seorang Countroleur (wedana) yaitu: Onder Afdeeling Bireuen (kini Kabupaten Bireuen), Onder Afdeeling Lhokseumawe (Kini Kota Lhokseumawe) dan Onder Afdeeling Lhoksukon (Kini jadi Ibu Kota Aceh Utara).

Selain Onder Afdeeling tersebut, terdapat juga beberapa daerah Ulee Balang (Zelf Bestuur) yang dapat memerintah sendiri terhadap daerah dan rakyatnya, yaitu Ulee Balang Keureutoe, Geureugok, Jeumpa dan Peusangan yang diketuai oleh Ampon Chik.

Pada masa pendudukan Jepang istilah Afdeeling diganti dengan Bun, Onder Afdeeling diganti dengan Gun, Zelf Bestuur disebut Sun. Sedangkan mukim disebut Kun dan gampong disebut Kumi.

Setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945, Aceh Utara disebut Luhak, yang dikepalai oleh Kepala Luhak sampai tahun 1949. Kemudian, setelah Belanda mengakui kedaulatan Indonesia melalui Konferensi Meja Bundar pada 27 Desember 1949, dibentuklah Negara Republik Indonesia Serikat (RIS) dengan beberapa negara bagian. Salah satunya adalah Negara Bagian Sumatra Timur, Aceh dan Sumatra Utara tergabung didalamnya dalam Provinsi Sumatra Utara.

Kemudian melalui Undang-Undang Darurat nomor 7 tahun 1956 tentang pembentukan daerah otonom setingkat kabupaten di Provinsi Sumatra Utara, maka dibentuklah Daerah Tingkat II Aceh Utara.

Keberadaan Aceh dibawah Provinsi Sumatra Utara menimbulkan rasa tidak puas masyarakat Aceh. Para tokoh Aceh menuntut agar Aceh berdiri sendiri sebagai sebuah provinsi. Hal ini juga yang kemudian memicu terjadinya pemberontakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII) pada tahun 1953.

Pemberontakan ini baru padam setelah keluarnya Keputusan Perdana Menteri Republik Indonesia Nomor 1/Missi/1957 tentang pembentukan Provinsi daerah Istimewa Aceh dan Aceh Utara sebagai salah satu daerah Tingkat dua, Bireuen masuk dalam wilayah Kabupaten Aceh Utara.

Baru pada tahun 1999 Bireuen menjadi Kabupaten tersendiri setelah lepas dari Aceh Utara selaku Kabupaten induk, pada 12 Oktober 1999, melalui Undang Undang Nomor 48 tahun 1999.

Kabupaten Bireuen terletak pada jalur Banda Aceh – Medan yang di apit oleh tiga (3) kabupaten, yaitu Kabupaten Bener Meriah, Kabupaten Pidiy Jaya dan Kabupaten Aceh Utara yang membuat Bireuen sebagai daerah transit yang maju.

Daerah tingkat dua pecahan Aceh Utara ini termasuk Wilayah agraris. Sebanyak 52,2 persen wilayah Bireuen adalah wilayah pertanian. Kondisi itu pula yang membuat 33,05 persen penduduknya bekerja di sektor agraris. Sisanya tersebar di berbagai lapangan usaha seperti jasa perdagangan dan industri.

Dari lima kegiatan pada lapangan usaha pertanian, tanaman pangan memberi kontribusi terbesar untuk pendapatan Kabupaten Bireuen. Produk andalan bidang ini adalah padi dan kedelai dengan luas tanaman sekitar 29.814 hektar.

Ekspedisi Kirim Mobil Bireuen – Sentra produksi padi terdapat di Kecamatan Samalangan, Peusangan, dan Gandapura. Untuk pengairan sawah, kabupaten ini memanfaatkan tujuh sungai yang semua bermuara ke Selat Malaka. Salah satunya, irigasi Pante Lhong, yang memanfaatkan air Krueng Peusangan. Padi dan kedelai merupakan komoditas utama di kabupaten ini.

Bireuen juga dikenal sebagai daerah penghasil pisang. Paling banyak terdapat di Kecamatan Jeumpa. Pisang itu diolah jadi keripik. Karena itu pula Bireuen dikenal sebagai daerah penghasil keripik pisang. Komoditas khas lainnya adalah giri matang, sejenis jeruk bali. Buah ini hanya terdapat di Matang Geulumpangdua.

Potensi kelautan juga sangat menjanjikan. Untuk menopang hal itu di Kecamatan Peudada dibangun Pusat Pendaratan Ikan (PPI). Selain itu ada juga budi daya udang windu. Sementara untuk pengembangan industri, Pemerintah Kabupaten Bireuen menggunakan kawasan Gle Geulungku sebagai areal pengembangan. Untuk kawasan rekreasi, Bireuen menawarkan pesona Krueng Simpo dan Batee Iliek. Dua sungai yang menyajikan panorama indah.

Daerah pecahan Aceh Utara ini juga dikenal sebagai kota juang. Beragam kisah heroik terekam dalam catatan sejarah. Benteng pertahanan di Batee Iliek merupakan daerah terakhir yang diserang Belanda yang menyisakan kisah kepahlawan pejuang Aceh dalam menghadapi Belanda.

Kisah heroik lainnya, ada di kubu syahid lapan di Kecamatan Simpang Mamplam. Pelintas jalan Medan-Banda Aceh, sering menyinggahi tempat ini untuk ziarah. Di kuburan itu, delapan syuhada dikuburkan. Mereka wafat pada tahun 1902 saat melawan pasukan Marsose, Belanda.

Kala itu delapan syuhada tersebut berhasil menewaskan pasukan Marsose yang berjumlah 24 orang. Namun, ketika mereka mengumpulkan senjata dari tentara Belanda yang tewas itu, mereka diserang oleh pasukan Belanda lainnya yang datang dari arah Jeunieb.

Kedelapan pejuang itu pun syahid. Mereka adalah : Tgk Panglima Prang Rayeuk Djurong Bindje, Tgk Muda Lem Mamplam, Tgk Nyak Bale Ishak Blang Mane, Tgk Meureudu Tambue, Tgk Balee Tambue, Apa Sjech Lantjok Mamplam, Muhammad Sabi Blang Mane, serta Nyak Ben Matang Salem Blang Teumeuleuk. Makan delapan syuhada ini terletak di pinggir jalan Medan – Banda Aceh, kawasan Tambue, Kecamatan Simpang Mamplam. Makam itu dikenal sebagai kubu syuhada lapan.

Bireuen—Julukan Kota Juang yang ditabalkan untuk Kabupaten Bireuen menarik untuk ditelusuri asal usulnya. Terlebih masih banyak orang yang tidak mengetahuinya. Bahkan mereka yang mengaku orang Bireuen sekali pun.

Tgk Sarong Sulaiman, seorang pelaku sejarah dan pejuang yang sekarang berusia 110 tahun, yang berdomisili di Desa Keude Pucok Aleu Rheng, Peudada Bireuen, saat ditemui Narit di rumahnya, kelihatan masih sehat dan ingatannya pun masih kuat.

Jasa Kirim Mobil Bireuen – Menurut Kepala Badan Statistik (BPS) Aceh, Syeh Suhaimi kepada Narit, Tgk Sarong merupakan salah seorang pelaku sejarah yang masih hidup. “Beliau merupakan seorang pejuang kemerdekaan negara ini, bahkan terlibat langsung dalam masa pergerakan melawan penjajahan Belanda dulu,” kata Syeh Suheimi saat melakukan sensus penduduk di Bireuen beberapa bulan lalu.

Bireuen itu berasal dari Bahasa Arab yaitu asal katanya Birrun, artinya kebajikan, dan yang memberikan nama itu juga orang Arab pada saat Belanda masih berada di Aceh

Ekspedisi Kirim Mobil Bireuen – Ditemui di kediamannya beberapa waktu lalu, Kakek Sarong yang terlihat masih bugar dengan lancar menceritakan sejarah Aceh pada umumnya dan Bireuen khususnya. Tgk Sarong pernah menjadi komandan pertempuran Medan Area tahun 1946, yang saat itu diberi gelar Kowera (Komandan Perang Medan Area).

Ayah tiga anak dan sejumlah cucu ini, pernah ditawarkan menjadi guru ngaji di Arab Saudi, ketika dirinya bersama istri menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci pada tahun 60-an. Namun, tawaran itu ditolaknya karena sayang pada sang istri yang harus pulang ke Aceh tanpa pendamping. “Itu romansa masa lalu. Tapi, di sini (Aceh-red) saya juga menjadi guru ngaji he he he…,” katanya sambil terkekeh

Menurut pelaku sejarah yang lancar berbahasa Arab dan Inggis ini, “Bireuen itu berasal dari Bahasa Arab yaitu asal katanya Birrun, artinya kebajikan, dan yang memberikan nama itu juga orang Arab pada saat Belanda masih berada di Aceh. Kala itu, orang Arab yang berada di Aceh mengadakan kenduri di Meuligoe Bupati sekarang. Saat itu, orang Arab pindahan dari Desa Pante Gajah, Peusangan, lalu mereka mengadakan kenduri. Kenduri itu merupakan kebajikan saat menjamu pasukan Belanda. Orang Arab menyebut kenduri itu Birrun. Sejak saat itulah nama Bireuen mulai dikenal,” kata pria berkulit sawo matang yang mengaku pernah jadi guru Bahasa Arab di sebuah sekolah di Aceh tempoe doeloe.

Dengan penuh semangat, Tgk Sarong Sulaiman menceritakan, sebelum Bireuen jadi nama Kota Bireuen yang sekarang ini, dulu namanya Cot Hagu. Setelah peristiwa itulah, nama Cot Hagu menjadi nama Bireuen. “Jadi Bireuen itu bukan asal katanya dari bi reuweueng (memberi ruang/ lowong atau celah), tetapi, Birrun itulah asal kata nama Kota Bireuen sekarang,” kata pria yang mengaku pernah berhasil memukul mundur pasukan Kolonial Belanda, saat bertempur melawan penjajahan dulu.

Daftar kecamatan dan gampong di Kabupaten Bireuen

Ekspedisi Kirim Mobil Bireuen – Berikut ini adalah daftar kecamatan dan gampong di kabupaten Bireuen.Kabupaten Bireuen memiliki 17 kecamatan dan 609 gampong dengan kode pos 24251-24357 (dari total 289 kecamatan dan 6.497 gampong di seluruh Aceh). Pada tahun 2010, jumlah penduduk di wilayah ini adalah 389.024 (dari penduduk seluruh provinsi Aceh yang berjumlah 4.486.570) yang terdiri atas 191.006 pria dan 198.018 wanita (rasio 96,46). Dengan luas daerah 1.796,31 km² (dibanding luas seluruh provinsi Aceh 56.770,81 km²), tingkat kepadatan penduduk di wilayah ini adalah 200 jiwa/km² (dibanding kepadatan provinsi 78 jiwa/km²).[1]

Daftar kecamatan dan gampong di Kabupaten Bireuen, adalah sebagai berikut:

KemendagriKecamatanJumlah GampongDaftar Gampong
11.11.07Gandapura, Bireuen40CiutkanlbsKecamatan GandapuraKabupaten BireuenAcehGampongAlue MangkiBlang GuronBlang KeudeBlang KubuBlang RheueCeuboCot JabetCot ManeCot PuukCot RambatCot TubeCot TufahCot TunongDama KawanGeurugokIe RhopKeude LapangLapang BaratLapang TimuLhok MambangLingka KutaMon JambeeMon JeureujakMon KeulayuPaloh Kayee KunyetPaloh MePante SikumbongPaya BaroPaya KareungPaya SeupatPulo GisaSamuti AmanSamuti KruengSamuti MakmurSamuti RayeukTanjong BungongTanjong MesjidTanjong RayaTeupin SironUjong Bayu
11.11.10Jangka, Bireuen46CiutkanlbsKecamatan JangkaKabupaten BireuenAcehGampongAbeuk JalohAlue Bayeu UtangAlue Bie PusongAlue BuyaAlue Buya PasiAlue KutaBada BaratBada TimurBarat LanyanBugak BlangBugak KruengBugak Krueng MateBugak MesjidBugengGampong MeulinteungGeundotJangka AlueJangka Alue BieJangka Alue UJangka KeutapangJangka MesjidKambuekKuala CeurapeLamkutaLampoh RayeukLhok BugengLinggongLuengMeunasah KruengPante PakuPante PeusanganPante RanubPante SukonPaya BiengPulo BlangPulo IbohPulo Pineung Meunasah IIPulo ReudeupPulo SeunaPulo UPunjotRuseb AraRuseb DayahTanjonganTanoh AnoeUlee Ceue
11.11.04Jeumpa, Bireuen42CiutkanlbsKecamatan JeumpaKabupaten BireuenAcehGampongAbeuk TingkeumAbeuk UsongAlue LimengBatee TimohBeurawangBlang BladehBlang Cot BarohBlang Cot TunongBlang DalamBlang GandaiBlang MeBlang RheumBlang SeunongBlang SeupengCot BadaCot GadongCot GeurundongCot Iboeh TimuCot IbohCot LeusongCot MeugoeCot Tarom BarohCot Tarom TunongCot UlimGeulumpang PayongKuala JeumpaKuta MeuligoeLhaksamanaLipah CutLipah RayeukMon JambeeMon ManePaloh PanyangPaloh SeulimengPulo LawangSalah Sirong JayaSeuleumbahSeuneubok LhongTeupok BarohTeupok TunongKelurahanCot KeutapangGeudong Tampu
11.11.02Jeunieb, Bireuen43CiutkanlbsKecamatan JeuniebKabupaten BireuenAcehGampongAlue LamsabaAlue SeutuiBlang LancangBlang Mee BaratBlang Mee TimurBlang NeubokBlang PorohCot Geulumpang BarohCot Geulumpang TunongDarul AmanDayah BaroDayah Blang RaleuJanggot SeungkoJeumpa SikureungLampoh OeLancangLheue BaratLheue SimpangLhok KulamLhueng TeungohMatang BangkaMatang NibongMatang TeungohMeunasah AlueMeunasah BlangMeunasah DayahMeunasah KeupulaMeunasah KeutapangMeunasah LuengMeunasah TamboMeunasah Tunong LuengPaya BiliPulo RangkilehSampoi AjatTanjong BungongTeupin KeupulaTufahUlee BlangUlee GajahUlee RaboUteun PeupalehKeude Jeunieb
11.11.09Juli, Bireuen36CiutkanlbsKecamatan JuliKabupaten BireuenAcehGampongAbeuk BudiAleu RambongAlue UnouBalee PanahBatee RayaBeunyotBlang KeutumbaBuket MuliaGeulumpang Meu Jim-jimJuli Cot MeurakJuli Keudee DuaJuli Mee TeungohJuli Meunasah JokJuli Meunasah SeutuyJuli Meunasah TamboJuli Meunasah TeungohJuli Paya RuJuli Seupeng/LampohJuli Tambo TanjongJuli Teungku DilampohJuli Uruek AnoeKrueng SimpoMane MeujingkiPante BaroPante PeusanganPasehPaya CutRanto PanyangSeuneubok DalamSeuneubok GunciSeuneubok PeuradenSimpang JayaSuka TaniTamboi TanjongTeupin ManeeKelurahanJuli Cot Mesjid
11.11.13Kota Juang, Bireuen23CiutkanlbsKecamatan Kota JuangKabupaten BireuenAcehGampongBlang ReuliengBlang TingkeumBuket TeukuehCot JratCot PeutekGampong BaroUteun ReutohKelurahanBireun Meunasah BlangBireun Meunasah CapaBireun Meunasah DayahBireun Meunasah ReuleutBireun Meunasah Teungku DigadongCot GapuGeudong AlueGeudong-geudongGeulanggang BaroGeulanggang GampongGeulanggang KulamGeulanggang TeungohKota BireuenLhok Awe TeungohPulo Ara Geudong TeungohPulo Kiton
11.11.14Kuala, Bireuen20CiutkanlbsKecamatan KualaKabupaten BireuenAcehGampongBalee KuyunCot BateeCot GlumpangCot KutaCot LagasawaCot TriengCot U SibakCot UnoeGlumpang BarohKareuengKrueng Juli BaratKrueng Juli TimurKuala RajaKuta BaroLancok-lancokLancok Pante AraUjong BlangUjong Blang MesjidWeu JangkaKelurahanLhok Awe-awe
11.11.17Kuta Blang, Bireuen41CiutkanlbsKecamatan Kuta BlangKabupaten BireuenAcehGampongBabah JurongBabah SuakBalee MeBlang MeeBlang PanjoeBuket DalamCot AraCot BarohCot MeCrueng KumbangDayah MesjidDayah PanjoeGeulanggang MeunjeeGeulanggang PanahGeulanggang RayeukGle PutohIembudeeJambo KajeungJarommah BarohJarommah MeKeurumbokKuluKulu KutaLhok NgaMeusePaloh DamaPaloh PeuradiPaloh RayaParang SikureungPaya RangkuluhPulo AwePulo BlangPulo NgaPulo ReudeupPulo SironRancongTanjong SironTingkeum BaroUjong BlangUlee PusongKelurahanTingkeum Manyang
11.11.06Makmur, Bireuen27CiutkanlbsKecamatan MakmurKabupaten BireuenAcehGampongAlue DuaAra LipehBatee DabaiBlang DalamBlang KutangBlang ManeBlang PerlakBuket SelamatCot KruetKuta BaratLapehan MesjidLeubu CotLeubu MeLeubu MesjidMatang KumbangMeureuboMon AraPandakPante BreuhPanton MesjidPaya DuaPulo TeungohSeuneubok BaroSukarameTanjong MuliaTrienggadengUlee Gle
11.11.08Pandrah, Bireuen19CiutkanlbsKecamatan PandrahKabupaten BireuenAcehGampongAlue IgeuehBantayanBlang Sama GadengCot LeubengGampong BlangGarotKuta ReusepLancok UlimLhok DagangMeunasah ReudeupMeunasah TeungohNase MePandrah JanengPandrah KandehPantonPanton BiliSeuneubok BaroUteun Kruet
11.11.03Peudada, Bireuen52CiutkanlbsKecamatan PeudadaKabupaten BireuenAcehGampongAlue GandaiAlue KeutapangAlue SijuekAra BungongBlang BatiBlang BeururuBlang GlumpangBlang KubuBlang MatangBlang RangkuluhBuket PayaCalokCot KeutapangCot KruetCot LaotDayah Mon AraGarotHaguJabaJabetKampong BaroKariengKeude Alue RheingKukueLawangMatang PasiMatang ReuleutMeunasah AlueMeunasah BarohMeunasah BlangMeunasah BungoMeunasah CutMeunasah KruengMeunasah MesjidMeunasah PuloMeunasah RaboMeunasah TamboMeunasah TeungohMeunasah TunongMuliaNeubok NaleungPayaPaya BaratPaya BunotPaya TimurPinto RimbaPulo AraPulo LawangSawangSeuneubok PayaTanjong SeulamatTeungku Di Bathon
11.11.12Peulimbang, Bireuen22CiutkanlbsKecamatan PlimbangKabupaten BireuenAcehGampongBalee DakaCot GeulumpangGarabJambo DalamKrueng BaroKuta TriengLancok BungoMatang KuleePadang KasabPaloh PupuPu UkRambong PayongSeuneubok AcehSeuneubok NalanSeuneubok PlimbangSeuneubok PuntiSeuneubok SeumaweSeuneubok TeungohTeupin PanahUteun RungkomUteun SikumbongKelurahanKeude Plimbang
11.11.05Peusangan, Bireuen69CiutkanlbsKecamatan PeusanganKabupaten BireuenAcehGampongAlue Glumpang BaAlue PeunoAlue UdeungAsan BideunBayuBlang CutBlang DalamBlang GeulanggangBlang PanjoeBlang RambongCot Bada BaratCot Bada BarohCot Bada TunongCot BuketCot GirekCot IjueCot KeumudeeCot KeuranjiCot NgaCot PanjoeCot PuukCot Rabo BarohCot Rabo TunongGampong BarohGampong PutohGampong Raya TamboKapaKariengKeude TanjongKrueng Baro Babah KruengKrueng Baro MesjidKrueng DheueMata MamplamMatang Cot PasehMatang MesjidMatang SagoeMeunasah MeucapMeunasah NibongNeuheuenNicahPalohPante AraPante CutPante LhongPante PisangPante PiyeuPanton GeulimaPaya AboePaya CutPaya LipahPaya MeunengPaya ReuhatPulo NaleungPulo PisangPulo Ue BaroeSagoeSeuneubok AcehSeuneubok RawaTanjong MesjidTanjong NieKelurahanBlang AsanGampong Raya DagangKeude Matang Glumpang IIMatang Glumpang II Meunasah DayahMatang Glumpang II Meunasah TimurPante Gajah
11.11.16Peusangan Selatan, Bireuen21CiutkanlbsKecamatan Peusangan SelatanKabupaten BireuenAcehGampongBlang CutBlang ManeBlang PalaCeubrekDarul AmanDarussalamGeulanggang LabuKrueng BeukahLueng BaroLueng KuliMata IeMe RayeukPaya CrotPulo HarapanPulo PanyangTanjong BeuridiTeupin ReudeupUlee JalanUteun GhatomUteun Raya
11.11.15Peusangan Siblah Krueng, Bireuen21CiutkanlbsKecamatan Peusangan Siblah KruengKabupaten BireuenAcehGampongAlue Glumpang Siblah KruengAlue IetAlue KeupulaAlue KruebAwe GeutahAwe Geutah PayaBlang CirihBuket SudanCot Aneuk BateeCot SaleutDayah BaroeKubuKubu RayaLueng DaneunPaloh MampreePante Baro Bukit PanyangPante Baro Glee SiblahPante Baro KumbangPante KaryaRambong PayongTeupin Raya
11.11.01Samalanga, Bireuen46CiutkanlbsKecamatan SamalangaKabupaten BireuenAcehGampongAlue BaratAngkieng BaratBatee IliekCot ManeCot Meurak BarohCot Meurak BlangCot SirenDarussalamGampong BaroGampong MeulumGampong PutohGeulumpang BungkokGeulumpang PayongKandangKeude AcehLancokLhok SeumiraLueng KeubeuMatangMatang JareungMatang TeungohMatang WakeuhMesjid BaroMeuliekMeunasah LancokMeunasah LuengMeunasah LincahMeunasah PuukMeurahMideun GeudongMideun JokNamploh BaroNamploh Blang GarangNamploh KruengNamploh ManyangNamploh PapeuenPalohPante RhengPineung Siri BeePulo BarohSangsoTanjong BaroTanjongan IdemUlee AlueUlee JeumatanUlee Ue
11.11.11Simpang Mamplam, Bireuen41CiutkanlbsKecamatan Simpang MamplamKabupaten BireuenAcehGampongAlue LeuhobAronganBaleeBlang Kuta CohBlang Kuta Dua MeunasahBlang Mane BaratBlang Mane Dua MeunasahBlang PanyangBlang TambueBlang TeumulekCalokCeureucokCot TriengCure BarohCure TunongGle MeundongIe Rhob Babah LuengIe Rhob BaratIe Rhob GeulumpangIe Rhob TimurJurong BinjeeKeude TambueKrueng MeuseugobLancangLhok ManeLhok TanohMeunasah AsanMeunasah BaratMeunasah DayahMeunasah MamplamMeunasah MesjidPakuPeuneulet BarohPeuneulet TunongPulo DapongPulo DrienRheum BaratRheum BarohRheum TimurTambue BaratUlee Kareung
TOTAL609

Ekspedisi Kirim Mobil Bireuen Ke

Ekspedisi Kirim Mobil Bireuen Ke – Aceh, Langsa, Lhokseumawe, Sabang, Subulussalam, Bali, Denpasar, Bangka Belitung, Pangkalpinang, Banten, Cilegon, Serang, Tangerang Selatan, Tangerang, Bengkulu, Gorontalo, Jakarta, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Sungai Penuh, Jambi, Jawa Barat, Bandung, Bekasi, Bogor, Cimahi, Cirebon, Depok, Sukabumi, Tasikmalaya, Banjar, Jawa Tengah, Magelang, Pekalongan, Salatiga, Semarang, Surakarta, Tegal, Jawa Timur, Batu, Blitar, Kediri, Madiun, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Probolinggo, Surabaya, Kalimantan Barat, Pontianak, Singkawang, Kalimantan Selatan, Banjarbaru, Banjarmasin, Kalimantan Tengah, Palangkaraya, Kalimantan Timur, Balikpapan, Bontang, Samarinda, Kalimantan Utara, Tarakan, Kepulauan Riau, Batam, Tanjungpinang, Lampung, Bandar Lampung, Metro, Maluku Utara, Ternate, Tidore Kepulauan, Maluku, Ambon, Tual, Nusa Tenggara Barat, Bima, Mataram, Nusa Tenggara Timur, Kupang, Papua Barat, Sorong, Papua, Jayapura, Riau, Dumai, Pekanbaru, Sulawesi Selatan, Makassar, Palopo, Parepare, Sulawesi Tengah, Palu, Sulawesi Tenggara, Bau-Bau, Kendari, Sulawesi Utara, Bitung, Kotamobagu, Manado, Tomohon, Sumatra Barat, Bukittinggi, Padang, Padangpanjang, Pariaman, Payakumbuh, Sawahlunto, Solok, Sumatra Selatan, Lubuklinggau, Pagaralam, Palembang, Prabumulih, Sumatra Utara, Binjai, Medan, Padang Sidempuan, Pematangsiantar, Sibolga, Tanjungbalai, Tebingtinggi, Yogyakarta,

ekspedisi kirim mobil gayo lues
ekspedisi kirim mobil nagan raya
ekspedisi kirim mobil pidie
ekspedisi kirim mobil pidie jaya

Ekspedisi Kirim Mobil Kata Ekspedisi tentu telah tidak asing lagi dalam kehidupan kita tiap hari. Terlebih pada era di mana nyaris seluruh orang memerlukan jasa pengiriman mobil . Kemudian, apa yang Kamu tahu tentang ekspedisi itu sendiri? Di mari hendak dibahas sebagian perihal tentang pengiriman mobil serta pula begaimana metode kerjanya.

Apa yang Diartikan Dengan Ekspedisi?

Ekspedisi Kirim Mobil Bireuen -
Ekspedisi Kirim Mobil Bireuen –

Apabila Kamu kerap melaksanakan transaksi ataupun jual beli online, ataupun bergelut pada bidang bisnis apa juga, telah ditentukan Kamu sudah mengenali apa yang diartikan ekspedisi. Sebutan tersebut pula sangat sering di dengar untuk sebagian orang yang melaksanakan bisnisnya di dunia pengiriman ataupun jasa antar mobil. Pengiriman tersebut dapat lewat sebagian jalan, baik itu lewat darat, air, serta pula udara.

KBBI( Kamus Besar Bahasa Indonesia) berkata kalau makna dari ekspedisi merupakan pengirimanmobil maupun industri yang bekerja pada bidiang pengangkutan mobil. Di samping itu, sebutan tersebut pula mempunyai makna“ ekspedisi” ataupun“ pengembaraan” di mana dalam perihal ini merujuk pada konteks kegiatan pemindahan mobil yang dicoba oleh seorang lewat pihak penyedia layanan tersebut mengarah ke alamat tujuan.

PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO adalah Perusahaan Jasa Kirim Mobil Terpercaya. Berbasis Teknologi kami akan meramaikan dunia pengiriman khususnya mobil baru dan bekas. Percayakan pengiriman mobil pada kami. Kami akan melayani anda dengan sepenuh hati,,Terima Kasih atas Kepercayaan selama ini kepada para customer.

Ekspedisi Kirim Mobil

Di Indonesia sendiri, sebutan ini telah begitu membumi sebab pada masa saat ini banyak sekali orang yang melaksanakan transaksi secara tidak langsung( online)– yang hendak mengaitkan jasa antar mobil yang dibeli maupun dijual diberikan pada konsumen lewat jasa ekspedisi yang sediakan bermacam sarana dan opsi pengiriman mobil.

Tidak cuma itu, saat sebelum Mobil yang hendak dikirim hingga pada tujuannya, pengguna layanan tersebut hendak dikenai bayaran pengiriman mobil. Harga tersebut dapat bersumber pada tipe mobil yang dikirim, dimensi, ataupun berat yang sudah ditimbang cocok dengan prosedur yang sudah disepakati.

Sistem Kerja Ekspedisi dalam Pengiriman Mobil

Sistem Kerja Ekspedisi dalam Pengiriman Mobil
Ekspedisi Kirim Mobil Bireuen – Sistem Kerja Ekspedisi dalam Pengiriman Mobil

Masing- masing jasa ekspedisi mempunyai perbandingan menimpa Standar Operasional prosedur ataupun SOP- nya sendiri- sendiri. Terdapat layanan jasa pengiriman yang sediakan prosedur yang simpel sehingga memudahkan penggunanya dalam pengiriman mobil.

Terdapat pula yang sediakan prosedur yang sangat ketat sehingga seluruh ketentuan serta syarat yang berlaku wajib betul- betul dipadati.

Biasanya, peraturan ataupun standar operasional yang ketat hendak membagikan jaminan kemanana pengiriman mobil yang lebih memuaskan. Sebab itu, selaku pengguna jasa pengiriman mobil, Kamu wajib memerhatikan sebagian perihal biar bisa memilah jasa ekspedisi secara pas.

Pada dasarnya, masing- masing penyedia jasa layanan antar mobil tersebut mempunyai sistem kerjanya tertentu. Berikut ini sebagian perihal yang mesti dicermati terpaut sistem kerja pengiriman mobil:

  1. Mobil

Perihal awal yang terdapat dalam sistem kerja eskpedisi pengiriman mobil merupakan mobil itu sendiri. tanpa terdapatnya mobil, aktivitas pemindahan mobil tidak hendak terlaksana.

Tidak hanya itu, butuh dicermati pula kalau mobil yang hendak Kamu kirim haruslah mobil yang diperbolehkan dalam pengirimannya secara sah. mobil ilegal serta mobil larangan tidak hendak diterima pihak penyedia layanan.

  1. Pengemasan mobil ( Packing)

Packing ataupun pengemasan mobil pula masuk ke dalam sistem kerja ekspedisi. Perihal ini dicoba buat tujuan menjamin keselamatan mobiltanpa terdapat kehancuran.

Terdapat sebagian mobil yang hendak jadi atensi spesial dalam perihal pengemasannya, semacam mobil rusak belah, mobil dalam wujud cairan maupun santapan yang bisa membusuk. Terdapat sebagian industri yang hendak menolak pengiriman mobil bila penggunanya tidak mengemasnya dengan baik.

  1. Pengurusan Dokumen serta Administrasinya

Pengurusan administrasi dokumen pula ialah bagian dari sistem kerja jasa pengiriman mobil. Administrasi dokumen di mari artinya merupakan kepengurusan Mengenai surat- surat administrasi bea cukai maupun pihak- pihak yang terpaut dengan ini seluruh. Jasa ekspedisi hendak berfungsi selaku pengurus kebutuhan administrasi yang dibutuhkan.

Jasa Ekspedisi Mobil Dari Ke

Ekspedisi Kirim Mobil Bireuen –

Ekspedisi Kirim Mobil Bireuen Ke – Aceh, Langsa, Lhokseumawe, Sabang, Subulussalam, Bali, Denpasar, Bangka Belitung, Pangkalpinang, Banten, Cilegon, Serang, Tangerang Selatan, Tangerang, Bengkulu, Gorontalo, Jakarta, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Sungai Penuh, Jambi, Jawa Barat, Bandung, Bekasi, Bogor, Cimahi, Cirebon, Depok, Sukabumi, Tasikmalaya, Banjar, Jawa Tengah, Magelang, Pekalongan, Salatiga, Semarang, Surakarta, Tegal, Jawa Timur, Batu, Blitar, Kediri, Madiun, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Probolinggo, Surabaya, Kalimantan Barat, Pontianak, Singkawang, Kalimantan Selatan, Banjarbaru, Banjarmasin, Kalimantan Tengah, Palangkaraya, Kalimantan Timur, Balikpapan, Bontang, Samarinda, Kalimantan Utara, Tarakan, Kepulauan Riau, Batam, Tanjungpinang, Lampung, Bandar Lampung, Metro, Maluku Utara, Ternate, Tidore Kepulauan, Maluku, Ambon, Tual, Nusa Tenggara Barat, Bima, Mataram, Nusa Tenggara Timur, Kupang, Papua Barat, Sorong, Papua, Jayapura, Riau, Dumai, Pekanbaru, Sulawesi Selatan, Makassar, Palopo, Parepare, Sulawesi Tengah, Palu, Sulawesi Tenggara, Bau-Bau, Kendari, Sulawesi Utara, Bitung, Kotamobagu, Manado, Tomohon, Sumatra Barat, Bukittinggi, Padang, Padangpanjang, Pariaman, Payakumbuh, Sawahlunto, Solok, Sumatra Selatan, Lubuklinggau, Pagaralam, Palembang, Prabumulih, Sumatra Utara, Binjai, Medan, Padang Sidempuan, Pematangsiantar, Sibolga, Tanjungbalai, Tebingtinggi, Yogyakarta,

Perbedaan Pengiriman Ekspedisi dan Pengiriman Cargo

Ekspedisi Kirim Mobil Bireuen – Perbedaan Pengiriman Ekspedisi dan Pengiriman Cargo

Jasa pengiriman mobil ada dua istilah yaitu jasa ekspedisi dan pengiriman cargo. Sebenarnya tidak ada perbedaan antara keduanya, namun pandangan masyarakat terhadap jasa pengiriman ekspedisi dan pengiriman cargo seperti sudah ter-setting bahwa pengiriman ekspedisi adalah pengiriman mobil dalam skala kecil, sedangkan jasa pengiriman cargo adalah pengiriman mobil dalam jumlah dan skala yang besar. Fungsi keduanya dapat dikatakan sama yaitu mendistribusikan mobil atau paket ke alamat tujuan.

Fasilitas atau layanan Jasa Kirim Kami Menggunakan

  • Selft Driver – adalah Jasa pengiriman menggunakan supir. Mobil anda di kendari supir dari lokasi penjemputan sampai lokasi tujuan dinamakan juga Dor to Dor
  • Towing – Kendaraan atau mobil anda di naikan ke atas truk towing kami seperti gendong mobil. Layanan ini cukup mahal tapi sangat aman dan cepat. layanan towing kami juga sudah dor to dor, diambil dari lokasi awal sampai lokasi tujuan
  • Car Carrier – Layanan ini aman dan murah tapi memerlukan waktu agak lama karena harus menunggu 6 mobil baru truk Car Carrier kita jalan
  • Kapal – Layanan ini biasanya di gunakan untuk mengirim mobil antar pulau atau antar provinsi di darat nya bisa di driver, towing atau car carrier anda tinggal pilih menggunakan yang mana. tergantung kondisi, waktu dan mobil anda sendiri.

Catatan :

  • Harga belum termasuk pajak
  • Semua layanan door to door dalam kota
  • Pengiriman Mobil Mewah (BMW, Mercedes benz, Lainnya), Mobil Truk CDD, Fuso, Tronton, & Alat Berat silahkan menghubungi CS kami.
  • Estimasi dihitung dari truk, kapal, mobil berangkat

Istilah dalam Dunia Ekspedisi

Ekspedisi Kirim Mobil – Dalam kegiatan logistik terdapat beberapa istilah yang biasa digunakan para pelaku bisnis ekspedisi. Berikut telah kami rangkumkan beberapa istilah dalam kegiatan logistik diantaranya adalah;

  • Shipper : atau biasa lebih dikenal dengan pengirim barang. Pada dokumen-dokumen yang dilampirkan seperti : BL (Bill of Lading), Packing List, Commercial Invoice, dll. Nama dan alamat lengkap Shipper harus tertulis dengan jelas.
  • Consignee : atau lebih dikenal dengan penerima barang. Sama seperti shipper, nama dan alamat lengkap consignee harus tertulis jelas, pada dokumen-dokumen seperti ; BL (Bill of Lading, Packing List, Commercial Invoice, dll
  • Vessel : Kapal
  • Voy (Voyage) : Nomor keberangkatan kapal.
  • Descriptions of goods : Deskripsi barang terdapat pada packing list (lengkap) dan Bill of Lading.
  • G.W (Gross Weight) : Berat kotor dari barang dan kemasan barang itu sendiri. Contoh berat barang 2 Kgs dan berat kemasannya 0,5 Kgs maka G.W : 2,5 Kgs.
  • N.W (Net Weight) : Berat bersih barang sebelum di kemas
  • LCL (Less than Container Load) : pengiriman barang yang kapasitasnya dibawah standar kapasitas muat kontainer.
  • FCL (Full Container Loaded) : Pengiriman barang dengan menggunakan kontainer.
  • CY : Container Yard yaitu mode pengiriman dari tempat penumpukan petikemas.
  • DOOR : Alamat gudang atau lokasi asal serta lokasi pengambilan barang yang akan dikirim.
  • ETD (Estimation Time of Departure) : adalah perkiraan waktu keberangkatan kapal.
  • ETA (Estimation Time of Arrival) : adalah perkiraan waktu kedatangan kapal.
  • B/L (Bill of Lading) : adalah Konosemen atau bukti pengiriman barang dan pengambilan barang.
  • P.O.L (Port Of Loading) : adalah pelabuhan muat.
  • P.O.D (Port Of Discharge) : adalah pelabuhan bongkar.
  • UTPK : adalah Unit Tempat Penumpukan Peti Kemas.
  • DEPO : Tempat penumpukan container kosong.
  • O/S (Open Stack) : adalah waktu dibukanya kontainer/ barang boleh ditempatkan di warehouse atau UTPK.
  • C/T (Closing Time) adalah waktu ditutupnya pemasukan/ penumpukan barang di warehouse atau UTPK.
  • DO (Delivery Order) : adalah surat yang diterbitkan pihak shipping atau forwarder kepada shipper sebagai bukti pengambilan kontainer kosong.
  • Stuffing : adalah proses pemuatan barang ke dalam kontainer.
  • Stripping: adalah proses bongkar muat barang dari kontainer.
  • Part of Shipment : adalah pengiriman barang yang menggunakan 1 kontainer, dimana dalam kontainer tersebut terdiri dari beberapa nama shipper namun dengan tujuan satu consignee.
  • Dry Container : adalah standar kontainer yang digunakan untuk mengangkut barang-barang biasa. Seperti : besi, sembako, keramik, cat, furniture, dan bahan bangunan.
  • Reefer Container : adalah jenis kontainer yang memiliki pengatur suhu dingin. Biasanya digunakan untuk pengiriman produk yang makanan frozen dan makanan hidup seperti ; ikan, buah-buahan, sayur-sayuran. dll
  • Nah itulah beberapa penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai pengertian dari ekspedisi dan istilah-istilah yang biasa digunakan dalam prosesnya.

Adanya jasa ekspedisi pengiriman barang memegang peran penting bagi masyarakat Indonesia. Kebutuhan akan jasa pengiriman barang saat ini sangat besar, mulai dari perusahaan atau pabrik juga industri kecil, bisnis online, dan bisnis UMKM semua memiliki kebutuhan jasa pengiriman barang.

Jika anda membutuhkan jasa ekspedisi pengiriman anda bisa menggunakan Prahu-Hub. Prahu-Hub terhubung dengan penyedia jasa pengiriman terpercaya dan berpengalaman di seluruh Indonesia. Dapatkan informasi berbagai rute pengiriman antar pulau berikut jadwal dan harga yang transparan untuk selalu membantu kelancaran bisnis Anda. Sumber Mrizky

Apa Sih Kata atau Kalimat yang sering di cari di google

Untuk menaikan rangking Google dalam bisnis Jasa Pengiriman Mobil diharuskan analisa dulu kata yang sering di cari di google. Berikut analisa dari google planner untuk keyword ” Jasa Kirim Mobil “

Kata yang sering di cari di google

Jasa , Pengiriman , Kirim , Mobil , Cargo , Ekspedisi , Harga , Murah , Online , Via Pos , Aman , Pulau , Syarat , Antar , Ekspedisi Kirim Mobil , Pengalaman , Biaya , Cara , Dari , Ke , Bekas , Baru , Pelni , Kantor , Pesawat , Kapal Laut , JNE , Luar Negri , Kota , Ongkos , Towing , Self Driver , Car Carrier , Kontainer , Kapal Roro , Kapal , Kereta Api , Via Laut , Terbaik , TIKI , Truk , Terpercaya , Angkut , Cek Harga , Paket , Cara , Mengirim , Tarif , Kendaraan , Motor , Ongkir , Jasa Derek Mobil , Jasa Towing , Jasa Supir

Link Terkait Jasa Kirim Mobil

Baca Juga

Terima kasih banyak sudah menyempatkan baca artikel ini. Jika ada pertanyaan lain silakan langsung saja di chat lewat WhatsApp, Telegram dan yang lainnya. Semoga kita selalu di berikan kesehatan di zaman pendemi Covid 19 . Aamiin.. Salam dari kami PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO

Ekspedisi Kirim Mobil Bireuen -
Ekspedisi Kirim Mobil Bireuen –

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Style switcher Reset
Body styles
Custom Color
Main color
Accent color
Background image
Patterns
×
× CEK HARGA